Soal Penyalahgunaan Narkoba, Kaltim Ranking Ketiga Nasional

Soal Penyalahgunaan Narkoba, Kaltim Ranking Ketiga Nasional

Narasumber talkshow penyalahgunaan narkoba di Marangkayu yang digelar PHKT. ========= Kukar, DiswayKaltim.com - PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) bekerja sama dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Provinsi Kaltim, menyelenggarakan Talkshow Bahaya Narkoba. Bertajuk Millenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas.

Talkshow diselenggarakan di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Marangkayu dan diikuti oleh 100 pelajar tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat se-Kecamatan Marangkayu, Sabtu (13/10/2019).

Acara ini menghadirkan BNN Provinsi Kaltim dan Polsek Marangkayu, sebagai narasumber. Turut hadir perwakilan dari UPT Dinas Pendidikan, Puskemas Marangkayu, para guru SMP/SMA, dan Pemerintah Desa di Kecamatan Marangkayu.

Menurut Tommy Sibuea, Manager Relations PHKT, acara ini sebagai upaya preventif untuk memutus rantai peredaran narkoba di kalangan pelajar. Khususnya di Kecamatan Marangkayu. Menginat pelajar generasi penerus bangsa. Eksistensi dan karya mereka sangat berpengaruh dalam membangun sebuah negeri.

Sekarang, kata Ia, disinyalir kehidupan pelajar banyak terlibat pergaulan bebas, tawuran, dan penyalahgunaan narkoba. Bahkan, dalam perkembangannya, Indonesia telah menjadi salah satu pasar narkoba terbesar di dunia.

Data BNN menunjukkan, transaksi narkoba mencapai Rp 300 triliun per tahun. Sekitar 15 ribu jiwa melayang per tahun karena narkoba.

Selain itu, sebanyak 22 persen pengguna narkoba di Indonesia berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Demikian juga di Provinsi Kaltim, rilis yang dikeluarkan BNN Kaltim mempunyai prevalensi penyalahgunaan narkotika 2,1 persen.

Angka tersebut diatas rata-rata nasional. Menempatkan Kaltim pada ranking ketiga nasional dalam penyalahgunaan narkotika.

Adapun wilayah yang memiliki kerawanan peredaran narkotika, pertama adalah Samarinda. Kemudian Balikpapan dan Bontang. Hal itu tentu menjadi ancaman bagi wilayah yang berdekatan dengan daerah tersebut.

Sudah terbukti dengan ditangkapnya beberapa orang oleh Polsek Marangkayu yang disebabkan penyalahgunaan narkoba.

“Melalui kegiatan penyuluhan seperti ini, PHKT berharap dapat memotivasi para pelajar agar berpikir dan bertindak positif, sehingga terhindar dari penyalahgunaan narkoba,” kata Tommy. (*/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: