Namanya sedang Hangat Diperbincangkan Publik, Ini Gurita Bisnis Kaesang Pangarep

Namanya sedang Hangat Diperbincangkan Publik, Ini Gurita Bisnis Kaesang Pangarep

PUTRA Bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep memiliki sejumlah bisnis yang menggurita. Mulai dari bisnis makanan, produk fesyen, hingga aplikasi smartphone.

Tidak hanya menjadi youtuber dengan 1,09 juta subscriber. Kaesang juga sempat dikabarkan akan membeli saham PT Bali Bintang Sejahtera Tbk (BOLA). Walaupun dibantah perusahaan. “Tidak terdapat informasi atau kejadian penting lainya yang material dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan serta dapat mempengaruhi harga saham perusahaan,” kata Corporate Secretary BOLA, Yohanes Ade Bunian Moniaga, dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Rabu (3/3). Kaesang juga menjadi trending di Twitter pada Minggu (7/3). Perihal hubungan percintaan dengan Felicia Tissue yang kandas setelah lima tahun. Berikut bisnis yang dimiliki Kaesang sebagaimana dilansir dari CNBC Indonesia. Pertama, Hompimpa Games. Ini adalah produk board game yang dihadirkan Kaesang untuk membawa pesan toleransi dan nilai budaya Indonesia dengan jenis permainan tradisional. Adapun produk andalannya adalah board game mulai Math Cat, The Art of Batik dan Acaraki. Kedua, Sang Javas. Ini adalah merek pakaian yang terkenal dengan gambar cebong. Kaos yang dijual secara online ini unik. Karena kerap diidentikkan dengan pendukung Joko Widodo. Bisnis ini diluncurkan pada 27 Agustus 2017. Menurut Kaesang, gambar kecebong terinspirasi dari perilaku masyarakat di media sosial. Diklaim produksi pertama kaos Sang Java mencapai 1.000 potong. Dalam dua minggu sudah terjual hingga 300 potong. Kaos-kaos ini bisa dibeli lewat website sangjavas.com, marketplace, dan offline store Truz x Sang Javas Store di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Namun saat ini, Sang Javas bekerja sama dengan perusahaan percetakan komik. Sedang fokus memproduksi komik berdasarkan karakter-karakter yang ada. Seperti kecebong Keceboy, Gatot Kece, dan lainnya. Ketiga, Sang Pisang. Diluncurkan pada November 2017, penganan makanan penutup Sang Pisang yang dibangun Kaesang bersama Ansari Kadir cuan besar. Hingga saat ini, karyawan Sang Pisang telah berjumlah lebih dari 1.500 orang. Sang Pisang juga telah memiliki 73 toko. Omzetnya lebih dari Rp 30 miliar. Dengan lokasi penjualan tertinggi berada di Malang, Bali, dan Jakarta. Pada 17 Agustus 2020, Sang Pisang membuka kembali cabang baru di Kota Delta. Keempat, Mangkoku. Ini adalah bisnis yang dibuka oleh dua saudara anak presiden, Gibran dan Kaesang. Berkolaborasi dengan juri Master Chef Indonesia, Arnold Poernomo. Dibuka pada 20 Juni 2019. Ini adalah bisnis kuliner yang menjajakan makanan rice bowl dengan topping bermacam-macam. Harga yang ditawarkan di bawah Rp 100 ribu. Ada beragama menu yang dihadirkan. Meliputi Mangkok Brisket Onion Sauce with Onsen Egg seharga Rp 54 ribu, Mangkok Brisket Spicy Sauce seharga Rp 51 ribu, Mangkok Ox-tongue Dabu seharga Rp 49 ribu, Mangkok Crispy Chicken Rp 41 ribu, Mangkok Fire Fried Chicken Rp 39 ribu, dan Mangkok Egg Sausage Mayo Rp 19 ribu. Kelima, Aplikasi Madhang. Aplikasi smartphone besutan Kaesang ini menjembatani ibu-ibu jago masak dengan pembeli. Aplikasi ini diluncurkan pada 11 Desember 2017. Berbasis di android atas kerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Saat ini sudah ada 2.000 warung yang tergabung untuk menjajakan makanan rumahannya dalam aplikasi ini. Selain itu, sudah menjalin kerja sama dengan aplikasi ojek online Grab. Dalam sistem pengantaran makanan. Untuk pembayaran, dia bekerja sama dengan PayTren. “Alhamdulilah sudah ada 2.000 warung (makanan) dan user aktif sampai 10.000,” ungkap Kaesang mengutip Detikcom. Keenam, Ternakopi. Sukses dengan Sang Pisang, Kaesang lalu masuk pada bisnis minuman kopi. Saat ini sudah memiliki tujuh gerai. Bisnis ini dijalankan bersama abangnya, Gibran Rakabuming. Diklaim juga biji kopi yang digunakan merupakan biji kopi yang asli berasal dari Indonesia. Seperti Bali Kintamani dan Aceh Gayo. Saat ini sudah memiliki 30 cabang. Tersebar di kawasan Jabodetabek, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ketujuh, Siapmas. Adalah brand makanan ringan dan minuman yang menghadirkan produk seperti keripik. Dengan nama Ngedrink dan Kempirik. Delapan, Gaaram. Bisnis ini juga dikembangkan dengan Chef Arnold Poernomo dan ABL Group. Ini adala inovasi ayam goreng berbumbu yang disajikan dengan nasi. Salah satu pendiri Gaaram, Putra Karisma mengaku akan membuka 12 cabang Gaaram di Jabodetabek. Hal itu juga dibenarkan oleh kedua putra presiden itu. Kesembilan, SeiTan. Lewat akun TikTok, Kaesang merekam dirinya mempromosikan paket makanan dari SeiTan. Ini adalah makanan olahan daging asap khas Kupang yang saat ini tren di masyarakat. “Saya ada produk baru namanya SeiTan. Jadi udahlah. Kalian beli aja. Ada di Grabfood sekarang. Tapi enggak ada dine in. Sini Sei Sapi. Namanya aja sei. Ya udahlah kalian pesen aja. Supaya apa? Supaya saya cepat kaya. Terima kasih atas bantuanya,” kata Kaesang. (cnbc/qn) Sumber: Putus dengan Felicia, Yuk Intip Bisnis Kaesang Pangarep

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: