13 Bandara Angkasa Pura I Raih The Voice of Customer Recognition
Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan meraih penghargaan The Voice of Customer Initiative. Inisiatif ini merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan bagi bandara yang tetap mendengar dan mengutamakan pelayanan terhadap pelanggannya selama pandemi pada 2020.
Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan salah satu dari 13 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) meraih pengakuan The Voice of Customer Initiative dari Airport Council International (ACI). Adapun 13 bandara Angkasa Pura I tersebut yaitu: 1. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. 2. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. 3. Bandara Juanda Surabaya. 4. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. 5. Bandara Internasional Yogyakarta. 6. Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. 7. Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. 8. Bandara Adi Soemarmo Solo. 9. Bandara Sam Ratulangi Manado. 10. Bandara Lombok Praya. 11. Bandara El Tari Kupang. 12. Bandara Pattimura Ambon. 13. Bandara Frans Kaisiepo Biak. Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan pengakuan ini menjadi bukti terhadap berbagai upaya Angkasa Pura I dalam mengutamakan dan menjaga standar pelayanan di masa pandemi COVID-19. Seperti diketahui, prosedur melakukan perjalanan udara pada masa pandemi tidak semudah dan senyaman dibanding prosedur pada masa normal sebelum pandemi. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisasi laju penularan virus, berbagai prosedur tambahan dan protokol kesehatan harus diterapkan. Hal ini berdampak pada bertambahnya proses passenger journey yang berpotensi mengurangi kenyamanan para pelanggan. “Namun pada situasi ini, Angkasa Pura I berupaya untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal dengan membuat calon penumpang tetap merasa nyaman walau harus melalui beberapa prosedur tambahan,” jelas Faik Fahmi. General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Barata Singgih Riwahono, mengatakan dengan diraihnya penghargaan tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi bandara. “Tidak hanya itu penghargaan ini juga ditujukan kepada seluruh stakeholder Bandara SAMS Sepinggan. Yang bersama-sama berinovasi dimasa adaptasi kebiasaan baru. Untuk dapat terus memaksimalkan pelayanan dan patuh akan penerapan protokol kesehatan,” ujarnya. Terkait inisitiatif, Direktur Jenderal ACI World Luis Felipe de Oliveira menyebut inisiatif ini merupakan bentuk baru pengakuan yang terpisah dari Airport Service Quality (ASQ) Awards. “Bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura I telah melakukan berbagai upaya signifikan dalam mengumpulkan respons penumpang melalui Program Airport Service Quality dan inisiatif ini juga akan membantu pengelola bandara untuk memahami penumpang lebih baik,” tambahnya. (fey/zul)Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: