Pjs Bupati Berau: 2021 Fokus Pemulihan Ekonomi dan Sosial

Pjs Bupati Berau: 2021 Fokus Pemulihan Ekonomi dan Sosial

Berau, Nomorsatukaltim.com – Program pembangunan Pemerintah Kabupaten Berau yang akan dijalankan pada tahun 2021 nanti akan difokuskan untuk pemulihan ekonomi dan sosial. Hal ini pun sesuai dengan tema pembangunan nasional dan provinsi dalam memulihkan dampak pasca bencana dari pandemi COVID-19 di tahun 2020 ini.

Pjs Bupati Berau, M Ramadhan menyampaikan, program prioritas pembangunan Kabupaten Berau di tahun 2021 yaitu pemerataan pembangunan infrastruktur dasar dan pendukung ekonomi, peningkatan dan pemeliharaan kualitas lingkungan hidup, peningkatan investasi jangka panjang, pemberdayaan ekonomi masyarakat, optimalisasi pemberdayaan masyarakat miskin.

Selain itu peningkatan kualitas pengelolaan sumber daya alam dan masyarakat kampung secara lestari, penataan dan peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, penataan pelayanan kesehatan dan sosial, peningkatan penganekaragaman pangan, reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan. “Kemudian pengembangan kualitas dan manajemen pelayanan publik,” jelas Ramadhan. Pandemi covid-19 ini pun berdampak besar pada sektor pariwisata. Pemerintah pun akan berupaya dalam memulihkan sektor tersebut. Dan ini masuk dalam program prioritas dengan pembangunan pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif. Serta peningkatan daya saing dan diversifikasi produk wisata. Pemulihan Ramadhan mengatakan bahwa pariwisata ini merupakan sektor potensial yang harus dipulihkan secepatnya. Karena dampak yang ditimbulkan cukup besar khususnya bagi para pelaku usaha jasa pariwisata. “Sektor pariwisata ini kan menyangkut berbagai jenis usaha jasa, mulai dari hotel, kuliner, transportasi dan pengusaha kecil lainnya. Jadi dampaknya sangat terlihat. Sehingga perlu ada pemulihan pasca covid-19 ini,” kata Pjs Bupati Ramadhan. Kemudian untuk kegiatan yang mengarah pada kesehatan. Ia menilai, program ini merupakan hal wajib yang terus dilakukan dan dipenuhi pemerintah. Dampak covid-19 ini menjadi momentum untuk melakukan pembenahan dalam bidang kesehatan. “Sejak awal kita harus siap dan melakukan pembenahan untuk mengantisipasi terjadinya kejadian serupa. Ini merupakan bagian yang sangat penting sehingga kita tidak kewalahan nantinya,” katanya. Begitu juga dengan penanggulangan bencana yang tak bisa terpisahkan dalam kesiapan pembangunan di daerah. “Karena pandemi ini berdampak pada pembangunan Kabupaten Berau, sehingga kebijakan atau prioritas harus disusun untuk kedepannya,” pungkas Pjs Bupati. (adv/hms/sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: