Tantangan Besar Kepemimpinan Biden- Harris

Tantangan Besar Kepemimpinan Biden- Harris

Empat tahun terakhir telah menjadi konsekuensi bagi kehidupan orang Amerika. Mulai dari perubahan kebijakan dalam kisaran normal kepresidenan Republik. Seperti upaya Trump menggerakkan Mahkamah Agung ke sayap kanan serta membatasi peraturan lingkungan dan keselamatan publik, hingga jauh di luar isu dalam negeri. Seperti tindakan keras Trump atas isu imigrasi resmi dan respons pandemi yang gagal.

Masyarakat AS juga telah mengalami tingkat korupsi dan kriminalitas cabang eksekutif yang belum pernah terjadi sebelumnya. Belum lagi pemakzulan sang presiden yang bersejarah.

Vox mencatat, kemenangan Biden adalah langkah pertama Amerika untuk menjauh dari semua perubahan buruk itu dan pemerintahan Trump yang mewariskannya. Namun, ini baru langkah pertama. Biden tidak akan langsung dapat membersihkan reruntuhan pemerintahan Trump. Apalagi berbagai masalah yang memungkinkan Trump untuk menang dan berkembang secara politik. Skala pencapaian Biden kelak akan bergantung sepenuhnya pada hasil pemilihan Senat di beberapa negara bagian.

Para pendukung Biden dan Harris berhak merayakan kemenangan keduanya. Rakyat Amerika yang trauma terhadap kepresidenan Trump kini dapat bernapas lega. Tak lama kemudian mulai awal tahun depan, akan tiba waktunya bagi mereka dan pasangan presiden-wakil presiden baru Biden-Harris untuk mulai bekerja. (mmt/nq)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: