Kejati Kaltim Gelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum

Kejati Kaltim Gelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum

Kubar, nomorsatukaltim.com – Guna menjadikan generasi muda yang sadar hukum, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim) bekerjasama dengan dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim menggelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum.

Difasilitasi Kejaksaan Negeri (Kejari) Kutai Barat (Kubar), acara yang melibatkan dua kabupaten, yakni Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu) memilih Sendawar sebagai tempat pelaksanaan. “Tujuan utama acara ini untuk membimbing  pelajar sejak dini untuk sadar dengan hukum,” jelas Wakil Kepala Kejati Kaltim, Supardi, dalam keterangan resmi kepada wartawan. Bagi pelajar yang terpilih sebagai Duta Hukum, diharap bisa menjadi model pelajar yang taat hukum di sekolahnya. “Diharap para pelajar mulai saat ini, menjadj agen perubahan yang taat dengan hukum,” kata Supardi. Duta Pelajar Sadar Hukum ini, merupakan program yang khusus diberikan bagi pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Sejumlah SMA di Mahulu dan Kubar tak ketinggalan mengirim wakilnya untuk bertarung menjadi Duta Pelajar Sadar Hukum.

Acara yang berlangsung di Hotel Grand Family, Barong Tongkok ini, akhirnya memilih sejumlah pelajar yang dinilai layak menjadi duta. Diantaranya, dari  SMAN I Long Pahangai, Lidia Lahai dan Narendra Bagus Saputra dengan nomor undian 1. Kemudian dari SMAN I Long Bagun ada 4 pelajar, diantaranya Julius Aldorus Ngo dan Victoria Julianti Siska Ubeq dengan nomor undian 2. Serta Agata Tri Giovani Kerawing dan Steven Andrianus Mereng dengan nomor undian 3. Pemerintah daerah diharap memberikan dukungan penuh kepada pelajar yang menjadi Duta Hukum di daerah masing-masing. “Saya berharap pemda beri dukungan penuh. Karena membentuk generasi sadar hukum daerah akan aman dan tentram dalam pembangunan,” tandas Supardi. Disdik Kaltim menyebut acara itu sangat tepat. Mengenalkan tentang kesadaran hukum dalam bermasyarakat sejak dini kepada generasi penerus bangsa. “Berharap Duta Sadar Hukum menjadi tauladan bagi sekolah dan masyarakat. Bahkan ketika mereka lulus nanti, bisa mengembangkan ilmunya ke jenjang sarjana,” ucap Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Khusus Disdik Kaltim, Healtyana Marta Mou. Disdik Kaltim mengapresiasi penuh Kejati Kaltim yang menggelar acara dengan lingkup se-Kaltim. Dalam acara itu hadir pula Kepala Kejari Kubar, Wahyu Triantono didampingi sejumlah jajarannya. (imy/sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: