Pendiri Microsoft yang Sangat Dermawan

Pendiri Microsoft yang Sangat Dermawan

Solusi Gates memegang rekor sebagai versi tercepat selama 30 tahun. Penggantinya justru lebih cepat 1 persen saja. Solusinya kemudian diresmikan dalam bentuk cetakan bekerja sama dengan ilmuwan komputer Harvard, Christos Papadimitriou.

Gates tidak mempunyai rencana belajar tetap ketika menjadi mahasiswa di Harvard dan menghabiskan banyak waktunya dengan menggunakan komputer sekolah. Gates masih berkomunikasi dengan Paul Allen, dan ia bergabung dengannya di Honeywell pada musim panas 1974.

Pada tahun berikutnya, MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan. Gates dan Allen melihat peluncurannya sebagai kesempatan untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri. Ia telah membicarakan keputusan ini bersama orang tuanya yang sangat mendukungnya setelah mereka melihat antusiasme Gates untuk mendirikan perusahaan.

BERDIRINYA MICROSOFT

Dikutip dari Wikipedia, Gates mendirikan Microsoft ini di tahun 1975 bersama temannya: Paul Allen. Ia selalu berpikir bahwasannya teknologi akan terus berkembang pesat. Microsoft merupakan sebuah versi dari bahasa pemograman BASIC dan juga Altar 8800 yang disebut sebagai komputer pribadi yang pertama di dunia. Pada 1990, ia sukses merilis sistem operasi. Akan tetapi Gates juga mendapatkan reputasi yang tak baik dalam kariernya tersebut. Ia sering sekali melakukan kesalahan dalam bisnis perangkat lunak tersebut.

Pada 1990, ia mendapatkan tuntutan dari Departemen Keadilan AS dengan dakwaan bahwasannya ia telah melakukan monopoli terhadap perusahaan kecil. Hingga akhirnya pada 2000-an, Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Ia kembali ke profesi lamanya: sebagai kepala Peneliti dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaan yang ia dirikan sendiri: Microsoft Corp.

KEHIDUPAN PRIBADI

Gates menikahi Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka dikaruniai tiga orang anak: Jennifer Katharine Gates (lahir 1996), Rory John Gates (lahir 1999), dan Phoebe Adele Gates (lahir 2002).

Gates pernah menempati peringkat pertama pada daftar orang terkaya Forbes 400 sejak 1993 hingga 2007, dan peringkat pertama pada daftar The World’s Richest People Forbes sejak 1995 hingga 2007 dan 2009. Pada 1999, kekayaan Gates pernah melewati angka $ 101 miliar. Akibatnya media menyebutnya sebagai “centibillionaire”.

Sejak 2000, jumlah nominal sahamnya di Microsoft menurun. Karena jatuhnya harga saham Microsoft setelah pecahnya gelembung dot-com dan sumbangan multi-miliar dolar kepada berbagai yayasan amal. Pada wawancara Mei 2006, Gates berkomentar, ia bukanlah orang terkaya di dunia. Karena dia tidak suka perhatian yang muncul akibat gelar tersebut.

DITUDING CIPTAKAN CORONA

Sebuah teori konspirasi menempatkan Gates sebagai orang yang bertanggung jawab atas situasi pandemi COVID-19 akibat infeksi virus corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan jutaan orang terinfeksi dan ratusan ribu meninggal dunia.

Teori konspirasi muncul setelah pakar konservatif mengaitkan sejumlah tindakan dan pernyataan Gates beberapa tahun silam terkait dengan pandemi.

Gates telah mengadvokasi kesiapsiagaan menghadapi pandemi selama bertahun-tahun. Dalam pidato di TED, dia memperingatkan tentang jumlah korban jiwa yang berpotensi mengejutkan akibat pandemi di seluruh dunia.

Ketika pandemi COVID-19 menyebar ke seluruh dunia, Gates menjanjikan US$ 250 juta untuk memerangi penyakit itu dan untuk membuat vaksin. Luar biasanya, kedua faktor itulah yang memberikan dasar bagi serangkaian teori konspirasi baru yang menunjuk Gates sebagai asal mula virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: