Kadiskes Kaltim Dikabarkan Positif COVID-19

Kadiskes Kaltim Dikabarkan Positif COVID-19

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Kaltim, dr. Padilah Mante Runa dikabarkan positif COVID-19. Kabar itu, dibenarkan oleh Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim, Syafranuddin

"Betul ibu positif," katanya melalui pesan singkat kepada Nomor Satu Kaltim, Selasa (15/9/2020).

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Diskes Kaltim, dr. Setyo Budi Basuki juga membenarkan kabar tersebut. "Ya benar," singkatnya.

dr. Setyo menjelaskan, Kadiskes Kaltim dikonfirmasi positif setelah menjalani tes swab. Pihak Diskes Kaltim memang sedang gencar melakukan tes swab di lingkungan organisasi perangkat daerah (OPD). Sebagai upaya peningkatan testing COVID-19. Langkah ini menjadi bagian dari surveilans epidemiologi. Yakni kegiatan analisis secara sistematis dan terus menerus terhadap virus COVID-19. Sebagai upaya penanggulangan secara efektif dan efisien. Karena hingga saat ini, vaksin virus
SARS COV-2 belum ditemukan.

"Berdasarkan keluhan yang beliau rasakan. Beliau kan dokter. Sehingga terasa gejala mengarah ke COVID, makanya beliau minta di swab," jelas dr. Setyo.

Setelah Kadiskes dinyatakan positif, pihaknya akan melakukan tracing terhadap pegawai Diskes yang menjalin kontak erat.

"Ya. Rencananya besok pagi kontak eratnya dengan beliau akan di swab
7 orang."

Selain itu, Diskes juga akan memberlakukan work from home (WFH) selama dua hari. Dan penyemprotan disinfektan di seluruh gedung Diskes Kaltim.

Nomor Satu Kaltim telah mencoba mengonfirmasi langsung kabar ini kepada yang bersangkutan. dr. Padilah Mante Runa. Namun belum mendapat respon. Sementara itu, Andi M Ishak, sekretaris Diskes Kaltim sekaligus Juru Bicara Satgas COVID-19 Kaltim, juga tak memberikan tanggapan. (Krv/zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: