Gaji Petinggi Kampung Jadi Rp 5 Juta, Bupati Minta Petinggi Serius Membangun

Gaji Petinggi Kampung Jadi Rp 5 Juta, Bupati Minta Petinggi Serius Membangun

Bupati Kubar FX Yapan SH dan Wabup H Edyanto Arkan SE.(imran/nomorsatukaltim)

Sendawar, nomorsatukaltim.com –Bupati FX Yapan SH menegaskan, sejak beberapa tahun terakhir, gaji petinggi kampung se-Kabupaten Kutai Barat (Kubar) telah dinaikkan besarannya.

Semula di era terdahulu hanya Rp 800 ribu per bulan, sejak beberapa tahun terakhir naik menjadi Rp 5 juta perbulan.

“Petinggi kampung (kepala desa) itu kepanjangan tangan dari Bupati dan Wakil Bupati. Coba lihat dulu gaji kepala kampung se-Kubar yang dulu RP 800 ribu perbulan, sekarang sudah menjadi Rp 5 juta perbulan,” ungkap Bupati FX Yapan didampingi Wakil Bupati H Edyanto Arkan kepada wartawan di Sendawar, Selasa (4/8/2020).

Bupati menegaskan, Pemkab Kubar menaikkan gaji petinggi, agar para petinggi sebagai pemimpin kampung bisa bekerja dengan tenang.
“Jadi saya bersama Wabup tidak mau tahu. Petinggi dan aparatur kampung jangan ‘silet sana-sini’. Kalau masih korupsi itu mental kepala kampung tidak bagus. Termasuk para Kepala Adat dan Badan Permusyawaratan Kampung (BPK), juga telah naik gaji,” tegas FX Yapan.

Bupati FX Yapan berpesan agar Petinggi Kampung se-Kubar benar-benar bekerja. Menurutnya, maju atau mundurnya pembangunan kampung, maka tergantung kepiawaian para petingginya.
“Kalau sampai kampung tidak ada pembangunan, perlu dipertanyakan. Apa yang dikerjakan para petinggi dengan uang ADK dan ADD yang sangat besar setiap tahun diterima kampung,” tandasnya.(imy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: