DPRD Balikpapan Usulkan Seluruh Pedagang Wajib Di-Swab

DPRD Balikpapan Usulkan Seluruh Pedagang Wajib Di-Swab

Penyemprotan disinfektan di pasar, kemarin siang di Balikpapan. (Andi Muhammad Hafizh/Nomor Satu Kaltim)

Balikpapan, nomorsatukaltim.com - DPRD Balikpapan usulkan wajib tes swab untuk pedagang pasar. Ini sebagai langkah antisipasi meningkatnya kasus positif di pasar dan mal.

Anggota Komisi II DPRD Balikpapan Syukri Wahid menilai, upaya Tim Gugus Tugas menutup sementara pasar tradisional di lantai dasar Plaza Muara Rapak sudah tepat. "Harus skrining massal. Wajib itu," ujarnya, saat dihubungi, Selasa (21/7).

Syukri yang merupakan ketua pansus pengawasan tim gugus tugas Balikpapan merespons pertambahan kasus positif itu sebagai indikasi sudah terjadi transmisi lokal, dan dikhawatirkan menyebar dengan cepat. "Sudah terjadi transmisi lokal yang cukup cepat di Balikpapan," ujarnya.

Selain di Pasar Pandansari dan Plaza Muara Rapak, Syukri juga mendorong Tim Gugus Tugas segera skrining awal di pasar lain. Seperti di Pasar Klandasan dan di Pasar Sepinggan. Menurutnya hal tersebut penting dilakukan. Untuk antisipasi menutup kemungkinan penyebaran virus yang lebih masif. "Sambil kita tracking empat orang yang sudah diumumkan Tim Gugus Tugas," imbuhnya.

Sebelumnya, Tim Gugus Tugas sudah menguji swab di Pasar Pandansari beberapa waktu lalu. Diikuti 247 pedagang, atau baru sekitar 30 persen dari keseluruhan pedagang di pasar tersebut, yang berjumlah lebih dari 700 orang. (ryn/hdd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: