Bankaltimtara

Aroma Kopi, Hijau Matcha, dan 50 Rasa dari Malang: Livin' Fest 2025 Jadi Laboratorium Rasa di Balikpapan

Aroma Kopi, Hijau Matcha, dan 50 Rasa dari Malang: Livin' Fest 2025 Jadi Laboratorium Rasa di Balikpapan

Anak anak muda Balikpapan mulai banyak yang terjun di bisnis kuliner. -Salsabila -

BACA JUGA: Cita Rasa Thailand Serbu Balikpapan, Rafael Tan Masak Langsung di Festival Kuliner e-Walk

Di depannya, seorang anak kecil ikut memperhatikan proses pembuatan minuman itu hingga selesai.

"Balikpapan antusias sekali. Dua hari ini penjualan stabil tinggi," ungkapnya disela-sela melayani pembeli.

Yang paling banyak dicari, sebut Devi, adalah Kinako Matcha Latte dengan perpaduan matcha seremonial, gula aren, dan bubuk kacang.

Racikan itu membuat aroma matcha terasa lebih lembut, sementara gula aren memberi sentuhan lokal yang unik. Banyak pengunjung membeli satu gelas, lalu kembali untuk membeli toples bubuk matcha seremonial.

BACA JUGA: Kisah Sukses UMKM Kuliner Kurma Binaan BRI yang Omzetnya Naik Drastis

Atchamarkt sendiri sebenarnya baru berusia kurang dari setahun. Semuanya dimulai dari penjualan bubuk matcha di marketplace.

Setelah mengetahui bahwa minat konsumen besar, Devi pun memutuskan membawa produknya keluar dari dunia online dan memperkenalkan proses seduh langsung. Livin' Fest menjadi panggung besar pertama mereka di Kalimantan.

"Tujuan kami bukan hanya berjualan. Tapi memperkenalkan rasa matcha yang benar-benar pure," tuturnya.

Di sisi lain festival, tumpukan botol warna-warni menghentikan langkah pengunjung. Booth itu milik Tutu, brand minuman kreatif dari Malang yang menggelar debutnya di Balikpapan.

BACA JUGA: Makan Kah Kita? jadi Ajang Pemuda Samarinda Kenalkan 5 Menu Kuliner dari 5 Suku

Tak butuh waktu lama bagi orang-orang untuk berhenti di booth mereka. Warna sirup yang beragam, botol-botol kosmetris, hingga kaleng minuman dingin tertata rapi.

Gomez, penjaga booth, tidak berhenti menjelaskan satu per satu varian kepada pengunjung. "Balikpapan royal sekali. Apa yang kami tawarkan, langsung dicoba," ujarnya.

Tutu membawa tiga kategori produk. Di antaranya, sirup dengan lebih dari 50 rasa buah, floral, hingga rasa khusus untuk kebutuhan barista.

Adapun kosmetris (concentrated mix), termasuk coconut cosmetris yang bisa berubah menjadi coconut water hanya dengan menambah air, dan tonic water cosmetris yang tinggal dicampur soda.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: