Pipa PDAM Balikpapan Bocor, Distribusi Air Terganggu, Cek Daerah Mana Saja!

Kamis 24-10-2024,20:08 WIB
Reporter : Chandra
Editor : Didik Eri Sukianto

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Pipa air baku bocor di simpang tiga kawasan Beller, Balikpapan, pada Kamis sore (24/10/2024), menyebabkan genangan air yang meluas di area tersebut.

Berdasarkan pantauan Nomorsatukaltim di lokasi pada pukul 16.00 Wita, terlihat air menyembur dari retakan aspal yang menyebabkan jalan di sekitarnya tergenang.

Aliran air ini membanjiri dua ruas jalan utama, yakni Jalan MT Haryono dan Jalan Mayor Pol Zainal Arifin, sehingga lalu lintas di kawasan tersebut harus diatur secara manual oleh petugas dari Dinas Perhubungan dan kepolisian guna mengantisipasi kemacetan parah.

Manajemen PT Tirta Manuntung Balikpapan mengonfirmasi bahwa kebocoran berasal dari pipa air baku berdiameter 400mm yang terletak di lokasi simpang tiga Beller tersebut.

BACA JUGA: Paslon 02 Singgung Politik Dinasti, Sabani: Dapat Mengganggu Jalannya Pemerintahan

BACA JUGA: Ditanya Soal BPJS pada Debat Pilkada Balikpapan, Paslon 01 dan 03 Saling Tangkis Terkait Kemiskinan

Kebocoran ini pun diperkirakan akan memengaruhi distribusi air di sejumlah wilayah di Balikpapan.

Direktur Operasional PT Tirta Manuntung Balikpapan, Ali Rachman, menyampaikan bahwa langkah perbaikan segera diambil.

"Kami informasikan telah terjadi kebocoran pipa air baku diameter 400 mm yang berlokasi di simpang tiga Beller," ungkap Ali, melalui pernyataan tertulisnya.

Ali menjelaskan, bahwa perbaikan akan dilakukan mulai Kamis (24/10/2024) malam. Selama proses perbaikan berlangsung, Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kampung Damai akan mengalami penurunan debit sementara selama sekitar 24 jam.

BACA JUGA: Debat Publik Pilkada 2024 Balikpapan: Sabani-Syukri Janjikan Solusi Keresahan Warga

BACA JUGA: Debat Publik Pilkada 2024 Balikpapan: Rahmad-Bagus Usung Ide Keberlanjutan

Kondisi ini diperkirakan akan memengaruhi pasokan air di sejumlah kecamatan, terutama di Balikpapan Selatan, Balikpapan Kota, sebagian Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Barat.

"Area yang terkena dampak meliputi Simpang Tiga Kampung Damai, Komplek Bank Duta, Komplek BDS, Komplek PLN Pikitring Ring Road, Gunung Bakaran, Balikpapan Permai, Pasar Baru, dan banyak lainnya," tambah Ali.

Selain wilayah tersebut, kawasan lain yang akan terdampak termasuk Markoni, Klandasan, Pelayaran, Prapatan, Jalan Melati, Telogorejo, Bhayangkara, serta Cendrawasih, Dondang, Gunung Malang, Radar Gunung Malang, Auri, Marbo, Siaga, Markoni Auto 2000, Gunung Guntur, Gunung Rambutan, Gunung Kawi, dan Karang Rejo.

BACA JUGA: Ayah Korban Tabrak Lari Tuntut Pelaku Dihukum Mati

BACA JUGA: Hakim Tolak Permohonan Praperadilan Kasus KKT Balikpapan, Pemohon Desak Segera Tetapkan Tersangka

Gangguan distribusi air juga akan dirasakan di Kampung Damai (Al Makmur), Komplek Telkom, Terminal Tangki PDAM, Gang Agung Tunggal, Komplek Bpp Baru, sebagian Daun Village, Muara Rapak, Karang Anyar, Pandan Sari, Pandan Wangi, Kebun Sayur, Semoi, Kampung Baru Tengah, Jalan 21 Januari, Sepaku, dan sekitarnya yang mendapatkan pasokan air dari IPA Kampung Damai.

Ali menambahkan bahwa pihaknya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh insiden ini. "Kami berkomitmen untuk menyelesaikan perbaikan sesegera mungkin agar pasokan air dapat kembali normal," pungkasnya. 

Kategori :