Ricuh Laga Persib vs Persija Jakarta jadi Sorotan Media Belanda

Selasa 24-09-2024,10:07 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

BALIKPAPAN, NOMORASTUKALTIM – Insiden kericuhan yang terjadi setelah laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta pada Senin (23/9/2024) malam di Stadion Si Jalak Harupat mendapat perhatian media internasional, termasuk di Belanda. 

Situs olahraga Voetbalprimeur menayangkan video berdurasi 50 detik yang memperlihatkan kerusuhan yang dipicu oleh suporter Persib usai timnya menang 2-0 atas Persija.

Video yang diunggah dengan judul "Totale chaos in Indonesia: Stewards aangevallen door woedende fans" (Total kekacauan di Indonesia: Steward diserang oleh suporter yang marah) menampilkan aksi suporter Persib yang menyerang petugas keamanan (steward) dan turun ke lapangan. 

"Setelah kemenangan 2-0 Persib atas Persija, kerusuhan terjadi di mana steward diserang. Lapangan diserbu oleh suporter yang marah, dan polisi harus turun tangan untuk mengendalikan situasi," tulis Voetbalprimeur dalam  keterangannya, dilihat NOMORSATUKALTIM, pada Selasa (24/9/2024). 

BACA JUGA: Tahanan Polres PPU Diduga Kabur ke Balikpapan, Polisi Persempit Ruang Gerak

BACA JUGA: Hasil MotoGP Misano 2024: Enea Bastianini Menang, Pecco Bagnaia Jatuh

Respons Netizen Belanda

Video kericuhan ini memicu berbagai komentar dari netizen Belanda yang menyoroti insiden tersebut. 

Salah satu pengguna, Youri99 yang mengomentari video tersebut. 

"Hal seperti ini tidak akan pernah terjadi di Belanda, paling-paling restoran akan didorong jatuh," tulis Youri99 yang mendapat 18,9 ribu like dari netizen lainnya. 

Sementara itu, The master menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat terobsesi dengan sepak bola. Ia menyebut bahwa rivalitas antara klub Ajax dan Feyenoord di Belanda tidak sebanding dengan Persija vs Persib. 

BACA JUGA: Real Madrid Incar Dua Wonder Kid Baru untuk Skuad Utama Los Blancos

BACA JUGA: Menanti Langkah KPK Perihal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang Pangarep

"Indonesia adalah negara yang gila bola. Pemain sepak bola dipuja di sana. Mereka penuh emosi dan temperamen. Ajax/Feyenoord tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan mereka. Kerusuhan sepak bola di sana lebih banyak daripada di Belanda," tulisnya.

Komentar lain datang dari pengguna bernama x2tz, yang menyatakan bahwa ada banyak kejahatan di Indonesia, lebih banyak dibandingkan dengan Afrika Selatan, dan mempertanyakan konsentrasi negara itu terhadap sepak bola.

Kategori :