40 Hari Jokowi di IKN

Selasa 10-09-2024,11:00 WIB
Editor : Hariadi

Sedang Istana Negara disiapkan  untuk menerima tamu-tamu negara.

Di depan Istana Garuda adalah lapangan yang dipergunakan pada peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan dan Taman Kusuma Bangsa, di mana berdiri patung Bung Karno dan Bung Hatta. 

Di situ juga ada Plaza Seremoni. Di dalamnya ada bangunan yang difungsikan sebagai Visitor Center. 

BACA JUGA: Masa Jabatan 193 BPD Se-Kukar Resmi Diperpanjang

BACA JUGA: 2.300 PPPK Baru Resmi Dilantik, Pemkab Kukar Umumkan Formasi Seleksi PPPK Tahun Ini

Pengunjung bisa mendapatkan berbagai informasi dan juga berfungsi sebagai Sentra UMKM.

ASN TUNDA LAGI

Sementara itu sampai akhir jabatan Jokowi, sepertinya pemindahan 1.700 Aparatur Sipil Negara (ASN) tahap 1 ke IKN belum bisa dilaksanakan. 

Penundaan itu sudah ketiga kalinya terjadi.

Sebelumnya Presiden merencanakan pemindahan ASN termasuk PNS, TNI dan Polri secara bertahap sejak bulan Juli lalu. Termasuk para menteri. Karena itu rumah tapak jabatan menteri (RTJM) cepat-cepat diselesaikan. 

BACA JUGA: Dugaan Penyekapan Karyawan Toko Satria Balikpapan, JPU Tuntut 3 Tahun Penjara

BACA JUGA: JK Kritik Pedas Nadiem Makarim, Salah Kaprah Adopsi Kurikulum Merdeka dari Finlandia

Ternyata rencana pertama itu ditunda ke bulan September karena apartemen yang menjadi tempat kediaman ASN masih dipakai untuk keperluan upacara 17-an. Belakangan disampaikan lagi penundaan sampai waktu yang belum ditentukan.

Jokowi mengatakan kepada wartawan, penundaan itu hanya bersifat sementara. Tapi dia mengakui memindahkan ASN tidak segampang yang dibayangkan. 

“IKN itu pekerjaan yang sangat besar sekali. Jadi tidak segampang yang kita bayangkan, pindah langsung pindah,” tambahnya.

Dia menegaskan, pemindahan ASN ke IKN mesti memperhatikan kesiapan segalanya, termasuk kesiapan rumah dan apartemen yang akan ditempati beserta instalasi dasar seperti air dan listrik.

Kategori :