Rute Berau-Yogyakarta Perdana Dibuka, Trafik Penumpang Capai 71 Orang

Kamis 29-08-2024,21:46 WIB
Reporter : Sahruddin
Editor : Baharunsyah

BERAU, NOMORSATUKALTIM – Pesawat Batik Air ID 6322 rute Berau-Yogyakarta-Berau resmi landing perdana di Bandar Udara Kalimarau, Kecamatan Teluk Bayur, pada Kamis (29/8/2024). Penerbangan perdana rute baru ini disaksikan Bupati Berau Sri Juniarsih Mas.

Menurutnya, dengan adanya penerbangan rute baru tersebut tentunya akan meningkatkan efektivitas akses transportasi yang memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, dunia pendidikan, dan pariwisata di Kabupaten Berau.

Apalagi, Kabupaten Berau merupakan salah satu mitra Ibukota Nusantara (IKN), yang tentu saja memerlukan kemudahan akses, salah satunya melalui pemenuhan transportasi udara yang berdaya saing.

BACA JUGA:Polres Berau Musnahkan Sabu yang Berhasil Diamankan dari 25 Tersangka

BACA JUGA:SraGam Resmi Mendaftar Bupati dan Wakil Bupati Berau pada Pilkada 2024

"Penambahan rute ini membawa harapan baru dalam meningkatkan konektivitas dan mobilitas orang dan barang, dari dan juga ke Berau," ujar bupati.

Hadirnya rute baru Berau-Yogyakarta-Berau, menurutnya sangat tepat, mengingat banyaknya anak-anak Berau yang menempuh pendidikan di Yogyakarta, yang merupakan kota pelajar.

"Perasaan bahagia, juga dirasakan oleh warga masyarakat Yogyakarta yang ada di Berau, mereka akan lebih mudah ketika ingin pulang ke kampung halaman, begitupun sebaliknya," ucapnya.

Untuk itu, Bupati Sri berharap, kemitraan antara pemerintah daerah, Kementerian Perhubungan dan pihak maskapai serta pihak terkait lainnya akan semakin sinergis kedepannya. Tentunya, bisa lebih banyak membuka rute penerbangan lainnya.

BACA JUGA:Pasangan Petahana SraGam Kembali Maju Pilkada Berau 2024

"Baik dari dan ke Bandara Kalimarau, demi kenyamanan, kepuasan, serta kesejahteraan masyarakat kita," bebernya.

Sementara itu, Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Kelas I Kalimarau, Ferdinan Nurdin menambahkan bahwa dirinya bersyukur atas pembukaan penerbangan ini. Dirinya berharap, penerbangan yang kini dibuka bisa memberi kemudahan akses bagi masyarakat.

“Jadi saya juga ajak, agar masyarakat Berau turut serta memanfaatkan ruta-rute penerbangan ini sebagai kemudahan akses masyarakat,” jelasnya.

Adapun, untuk trafik penumpang per Kamis (29/8/2024), penerbangan dari Yogyakarta menuju Berau yakni sebanyak 59 orang. Sedangkan dari Berau menuju Yogyakarta sebanyak 71 orang.

Ferdinan juga menjelaskan, rute penerbangan langsung dari Berau sudah terbuka untuk Jakarta, Surabaya dan teranyar Jogjakarta.

Kategori :