Pendapatan Transfer Kabupaten Kutim Meningkat Signifikan

Kamis 13-06-2024,19:17 WIB
Reporter : Ben
Editor : Ben


KUTIM, NOMORSATUKALTIM
– Realisasi anggaran pendapatan transfer dan pendapatan lain-lain Kabupaten Kutai Timur tahun anggaran 2023 mengalami peningkatan yang cukup siginifikan.

Hal demikian disampaikan anggota Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Kutim, Fitriyani. Dengan adanya peningkatan ini, kata dia, diharapkan mampu menumbuhkan kepercayaan warga dalam pembangunan.

“Sesuai dengan tingkat kebutuhan dan aspirasi yang berkembang di lingkungan masyarakat,” ucap Fitriyani saat membacakan Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi di DPRD mengenai nota penjelasan dari pemerintah terhadap Raperda anggaran tahun 2023 di ruang sidang utama, Kamis (13/6/2024).

Di hadapan Ketua DPRD Kutim Joni yang memimpin jalannya sidang, Fitiyani juga berharap pemerintah dalam hal pendapatan daerah yang sah, juga dapat lebih ditingkatkan dari berbagai sektor-sektor yang belum tersentuh agar dapat terus dioptimalkan.

Berkaitan dengan realisasi belanja daerah tahun anggaran 2023 adalah sebesar Rp 7,54 triliun atau 84,18 persen dari anggaran belanja Rp 8,96 triliun yang digunakan untuk belanja operasi dan belanja modal. Diharapkan dapat meningkatkan pembangunan agar dapat memacu ekonomi masyarakat.

Selain itu, pengeluaran pembiayaan untuk penyertaan investasi modal jangka panjang pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bersentuhan dengan kebutuhan dasar masyarakat, diharapkan dapat ditingkatkan agar dapat memberikan pelayanan yang masimal sehingga dapat menimbulkan kenyamanan di masyarakat.

“Dalam proses pembangunan memang perlu keterpaduan dan sinkronisasi yang dilakukan oleh eksekutif dan legislatif. Sebagai upaya penyatuan kebijakan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.

“Serta masalah-masalah dan tantangan umum yang harus dipecahkan. Tentunya juga lembaga legislatif harus tetap menjaga marwahnya sebagai lembaga pengontrol atau pengawas jalannya kebijakan eksekutif agar pembangunan menguntungkan masyarakat Kutai Timur dari semua lapisan,” tambahnya. (*/adv/one)

Post View:

Kategori :