Komitmen Kawal Putusan MK, DPRD Kukar Sambut Hangat Aliansi Mahasiswa

Sabtu 24-08-2024,13:01 WIB
Editor : Devi Alamsyah

KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Untuk menunjukkan komitmennya dalam mendukung demokrasi, DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) menyambut aksi damai yang digelar Aliansi Mahasiswa Peduli Demokrasi Indonesia dari Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), Jumat 23 Agustus 2024.

Aksi ini dipimpin oleh Muhammad Alfin sebagai Koordinator Lapangan (Korlap) dimulai pukul 09.30 Wita di gedung DPRD Kukar.

Para mahasiswa mengangkat isu Putusan Mahkamah Konstitusi No. 60/PUU-XXII/2024, yang menegaskan pentingnya menjaga syarat pencalonan kepala daerah, terutama batas usia calon. Putusan ini dinilai sangat krusial untuk memastikan proses demokrasi berjalan adil dan tidak diskriminatif. Mereka berharap agar DPRD Kukar dapat mengawal putusan tersebut dengan penuh tanggung jawab.

DPRD Kukar, melalui Wakil Ketua Sementara Herry Asdar, menyambut baik aspirasi yang disampaikan mahasiswa. DPRD menegaskan komitmennya untuk memastikan bahwa putusan MK ini dijalankan dengan baik di daerah. Hal ini dianggap penting untuk menjaga stabilitas politik dan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi di Kutai Kartanegara.

Junaidi, yang mewakili Fraksi PDI Perjuangan Kukar, menyampaikan apresiasinya terhadap aksi tersebut. "Kami dari Fraksi PDI Perjuangan siap mengawal seruan ini. Apa yang disampaikan oleh mahasiswa adalah suara moral, pilar demokrasi yang masih hidup di Kukar," ungkap Junaidi.

Selain itu, Junaidi juga menegaskan bahwa pihaknya akan membawa aspirasi mahasiswa ini ke tingkat nasional. "Kami akan memastikan bahwa suara mahasiswa hari ini sampai ke pusat, khususnya kepada Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI," tambahnya.

Untuk menjaga keamanan selama aksi berlangsung, Sekretaris DPRD Kukar, Ridha Daramawan, bekerja sama dengan Polres Kukar mengerahkan pengamanan dalam (Pamdal) serta personel kepolisian, yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Kukar, Kompol Subari.

Upaya ini memastikan aksi berjalan dengan tertib dan aman, mencerminkan komitmen DPRD Kukar dalam menjaga demokrasi dan stabilitas di wilayahnya. (*/gtn/adv)

Kategori :