Tradisi Unik Info Bencana Balikpapan, Cuci Mobil dengan Air Kembang hingga Bagikan HT Untuk Perkuat Koordinasi

Minggu 18-08-2024,15:10 WIB
Reporter : Chandra
Editor : Tri Romadhani

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Tradisi unik dilakukan oleh kelompok relawan Info Bencana (IB) Balikpapan, yakni memandikan unit mobil jenazah dengan air kembang.

Tradisi ini kali pertama dilakukan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) IB ke-11 yang bertujuan sebagai bentuk penghormatan dan doa.

Ketua Info Bencana Balikpapan, Anshar, melalui Koordinator Lapangan, Ruslan mengatakan bahwa tradisi ini juga sebagai bentuk rasa syukur karena Info Bencana Balikpapan telah memiliki satu unit mobil jenazah diumur yang telah memasuki lebih dari satu dekade ini.

BACA JUGA : 8 Peserta Upacara HUT RI di Balikpapan Pingsan Sebelum Bendera Berkibar

“Ini bentuk rasa syukur kami, ibarat seperti kita punya mobil baru, ya bersyukur saja, dan memandikan itu hanya sebagai simbolis,” ujar Ruslan saat dikonfirmasi Nomorsatukaltim, Minggu (18/8/2024).

Ruslan juga ungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diperoleh Info Bencana Balikpapan selama ini.

“Semangat dan dedikasi dalam melayani masyarakat, baik di daerah perkotaan maupun pelosok, sangat kami hargai," jelas Ruslan.

BACA JUGA : Rumah Panggung di Balikpapan Roboh Akibat Hujan Deras, Satu Penghuni Terluka

Selanjutnya, Ruslan mengatakan bahwa sebanyak 12 unit Radio Handy Talky (HT) dibagikan oleh Info Bencana Balikpapan kepada relawan untuk memperkuat koordinasi serta kerja sama yang erat antar relawan.

"Ini adalah bentuk nyata dari usaha swadaya kami. Kami berkomitmen untuk terus memanfaatkan teknologi terbaik dalam mendukung masyarakat," tambah Ruslan.

Ruslan juga mengungkapkan tekad Info Bencana Balikpapan untuk mendukung penuh pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Kami siap menjadi garda terdepan dalam mendukung IKN dan berkomitmen untuk terus memimpin dalam setiap tugas kami," pungkasnya.

BACA JUGA : Banjir di Kota Balikpapan Terpantau Belum Surut di Sejumlah Titik

Kategori :