Presiden Jokowi Ucap Sumpah saat Pimpin Renungan Suci Perdana di IKN

Sabtu 17-08-2024,08:02 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

IKN, NOMORSATUKALTIM – Presiden Joko Widodo mengucapkan sumpah saat memimpin upacara apel kehormatan dan renungan suci perdana di Taman Kusuma Bangsa, Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Sabtu, 17 Agustus 2024. 

Dalam upacara yang dilaksanakan tepat pukul 00.00 WITA tersebut, Presiden menegaskan komitmen untuk melanjutkan perjuangan besar para pahlawan.

"“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga,"  ujar Presiden Jokowi dalam pidatonya. 

Upacara apel kehormatan dan renungan suci ini digelar sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

BACA JUGA: Tanggapi Pidato Presiden, Yohanes Avun Sebut Mahulu Belum Merdeka

BACA JUGA: Penculik Tiga Anak di Kenohan Ditangkap, Satu Korban Dirudapksa

Presiden Jokowi tiba di Taman Kusuma Bangsa pada pukul 23.58 WITA dan segera menerima laporan dari komandan upacara. 

Dalam suasana khidmat, Presiden kemudian membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci yang berisi penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan dan kebahagiaan bangsa.

"Semua yang hadir pada upacara ini mengenang jasa arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di Taman Makam Pahlawan maupun para pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya di kota-kota, dusun-dusun, lereng-lereng, gunung, lembah-lembah ngarai, dan dasar-dasar lautan," ucap Presiden. 

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," lanjutnya.

BACA JUGA: Keluarga Besar PII Samarinda Kecam Pelarangan Jilbab kepada Paskibraka Putri, Tuntut Kepala BPIP Minta Maaf

BACA JUGA: Pemprov Kaltim Wajibkan Seluruh ASN Upacara HUT Ke-79 RI di Stadion Palaran

Presiden Jokowi juga menyampaikan doa agar arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya. 

"Kami berdoa semoga arwah para leluhur pahlawan diterima Tuhan YME dan ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya," ujarnya. 

Setelah pembacaan naskah pidato, upacara dilanjutkan dengan prosesi mengheningkan cipta yang diiringi pembacaan doa oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. 

Kategori :