Presiden Jokowi Ucap Sumpah saat Pimpin Renungan Suci Perdana di IKN

Sabtu 17-08-2024,08:02 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

Selanjutnya, penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan dipimpin oleh komandan upacara menjadi penutup dari prosesi renungan suci tersebut.

BACA JUGA: Kecam Pelarangan Penggunan Jilbab di Tim Paskibraka Putri, Kesbangpol Pastikan Tidak Terjadi di Samarinda 

BACA JUGA: Gagal Mejeng saat Upacara di IKN, Pelaku Usaha dan Ekraf Difasilitasi saat Perpindahan ASN

Renungan suci kali ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia, karena untuk pertama kalinya dilaksanakan di dua tempat, yakni di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jakarta yang dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan di Taman Kusuma Bangsa IKN yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. 

Untuk diketahui, Taman Kusuma Bangsa di IKN baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, pada Senin, 12 Agustus 2024.

Taman ini menjadi simbol penghormatan kepada para pahlawan dan pejuang bangsa, khususnya kepada Bung Karno dan Bung Hatta sebagai pendiri bangsa.

“Dan ini sekali lagi menjadi penghormatan kita semuanya kepada para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa,” ucap Presiden Joko Widodo saat meresmikan taman tersebut.

BACA JUGA: Isran-Hadi Resmi Maju di Pilgub Kaltim 2024, Pengamat: Ini Ancaman Bagi Rudy Mas'ud

BACA JUGA: Jadi Ikon Pemikat Wisatawan, Teras Samarinda Digadang Ikut Dongkrak Pendapatan Daerah

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Diana Kusumastuti, menjelaskan bahwa Taman Kusuma Bangsa dirancang khusus sebagai tempat untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan Indonesia. 

“Taman Kusuma Bangsa ini adalah tempat untuk kita menghormati pahlawan-pahlawan Indonesia dan ini dilakukan nanti pada saat 17 Agustus jam 00.00 biasanya akan ada selalu acara renungan suci,” jelas Diana. 

Lokasi ini juga menjadi bagian integral dari kawasan beranda Nusantara, yang dilengkapi dengan elemen arsitektur seperti sayap pelindung Nusantara dan tiang bendera setinggi 79 meter.

Tiang bendera ini bahkan telah mencetak rekor MURI sebagai tiang bendera tertinggi di Indonesia.

Taman ini diharapkan menjadi pusat kegiatan peringatan hari besar nasional. 

Kategori :