Karyanya di IKN Dikritik Netizen, Nyoman Nuarta Kenang Demo Patung GWK

Minggu 11-08-2024,08:04 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

"Saya bilang sama Pak Jokowi, kalau model kayak gitu (sama dengan desain lain), saya nggak mau deh, istana kita harus beda dengan yang lainnya, tanpa mengabaikan fungsinya," tegas Nyoman.

BACA JUGA: Hotel di Sekitar IKN 'Full Booked', Tarif Naik 60 Persen Lebih

BACA JUGA: Masyarakat Biasa Bisa Saksikan Upacara Hut ke-79 RI Lewat Videotron

Nyoman juga menanggapi dengan santai tudingan yang menyebut Istana Garuda memiliki kesan mistis. 

Baginya, setiap orang berhak memiliki persepsi masing-masing, namun ia berharap agar kritik tidak dikaitkan dengan isu agama yang sensitif. 

"Saya sudah dari zaman mahasiswa dikritik kok, enggak ada masalah, tapi jangan bawa-bawa agama. Itu kan nanti bisa menyinggung orang lain," ujarnya.


Nyoman Nuarta merupakan perancang Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang kini menjadi ikon baru Pulau Bali.-(Foto/Antara)-

Dinilai Mirip Patung Kelelawar

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, turut merespons anggapan netizen terkait desain Istana Garuda yang dianggap menyerupai kelelawar. 

BACA JUGA: Groundbreaking Istana Wapres di IKN Digelar Senin Pekan Depan

BACA JUGA: Kereta Otonom Tanpa Rel di IKN Siap Beroperasi pada 17 Agustus

Budi menegaskan bahwa Istana Garuda merupakan simbol kebanggaan nasional yang dirancang sebagai representasi Burung Garuda, lambang negara Indonesia.

"Istana Garuda bukan hanya menjadi landmark sebuah kawasan, melainkan juga perpaduan yang selaras antara seni, sains, dan teknologi karya anak bangsa," kata Budi.

Ia menambahkan bahwa bangunan-bangunan ikonik di berbagai negara selalu menggabungkan unsur estetika, kegunaan, serta manfaat bagi kemajuan pariwisata. 

Istana Kepresidenan di IKN dirancang dengan konsep yang memperhatikan kebhinekaan Indonesia, menjadikannya lebih dari sekadar bangunan, tetapi juga simbol persatuan.

Dengan luas lahan 55,7 hektare dan luas tapak 334.200 meter persegi, Istana Garuda dirancang untuk menjadi pusat kegiatan kenegaraan sekaligus daya tarik baru bagi wisatawan. 

Kategori :