Lanjutkan Peningkatan Infrastruktur Jalan, Permudah Pengangkutan Hasil Kebun

Minggu 28-07-2024,19:30 WIB
Reporter : Sahruddin
Editor : Tri Romadhani

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau terus berupaya meningkatkan infrastruktur jalan di berbagai kampung di Bumi Batiwakkal.

Pada tahun ini, Pemkab Berau menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1,377 miliar untuk peningkatan Jalan Bukit Indah, Kampung Merancang Ilir yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Berau.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengatakan, peningkatan infrastruktur jalan ini merupakan tanggung jawab pemerintah daerah untuk memudahkan aktivitas masyarakat khususnya menuju sentra pertanian dan perkebunan.

"Kami sudah meninjau peningkatan infrastruktur Jalan Bukit Indah sepanjang 190 meter, ini merupakan akses masyarakat menuju perkebunan," ujarnya, Minggu (28/7/2024).

BACA JUGA : Jaga Ekosistem Mangrove Selamatkan Ekonomi Pesisir

Dikatakannya, pihaknya akan kembali melanjutkan peningkatan jalan tersebut di tahun 2025 mendatang sepanjang 2 kilometer dengan anggaran sebesar Rp10 miliar.

"Semoga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan beberapa kampung yang memanfaatkan akses jalan ini," jelasnya.

Kemudian, bupati berpesan kepada pemerintah kampung yang ingin meningkatkan infrastruktur jalan agar aktif melakukan komunikasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sehingga dapat direalisasikan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

BACA JUGA : Lapangan Upacara di Istana IKN Rampung, Persiapan HUT RI Sudah 90 Persen

"Ketika kepala kampung dan camat aktif, kami akan menindaklanjuti usulan tersebut agar infrastruktur kampung dapat berkembang," bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang Preservasi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, Junaidi mengatakan, peningkatan infrastruktur Jalan Bukit Indah dikerjakan dengan kontruksi rigid pavemant yang mampu dilewati kendaraan dengan berat 8 ton keatas.

"Jalan bukit indah ini kan jalan yang banyak dilewati oleh masyarakat khususnya untuk aktivitas pertanian dan perkebunan," ujarnya.

BACA JUGA : Jalan Sehat jadi Cara KPU Paser Gaet Partisipasi Pemilih

Terpisah, Kepala Kampung Merancang Ilir, Zulfikar mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Berau yang telah mewujudkan pembangunan jalan di Kampung Merancang Ilir sehingga masyarakat lebih mudah melakukan aktivitas khususnya menuju sentra pertanian dan perkebunan.

"Kami sangat bersyukur akan dilanjutkan juga sepanjang 2 kilometer tahun depan," pungkasnya.

Kategori :