Darurat Kebutuhan Internet, Tiga Desa di Paser Mulai Pasang Starlink

Senin 22-07-2024,16:55 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Baharunsyah

PASER, NOMORSATUKALTIM - Layanan internet satelit Starlink provider milik Elon Musk akan diprioritaskan di tiga wilayah di Paser. Khususnya daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Yakni Desa Kepala Telake, Kecamatan Long Kali, Senipah serta Keladen, Kecamatan Tanjung Harapan. 

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostaper) Kabupaten Paser, Arief Rahman, mengatakan, tiga daerah diusulkan bakal dipasang Starlink.

"Tiga desa ini yang paling sulit diakses internet karena tidak terjangkau menara komunikasi," kata, Arief Rahman, Senin (22/7/2024).

BACA JUGA:Wacana Penggunaan Starlink di Mahulu, Begini Tanggapan Kepala Diskominfo

Rencana kerja sama tersebut menyesuaikan anggaran yang tersedia pada APBD Perubahan 2024, yang  diperkirakan September dan Oktober akan disahkan. Keunggulan Starlink ini tentunya tidak perlu menggunakan menara komunikasi 

Kerja sama berupa sistem sewa alat beserta alat pembangkit listrik berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atau Solar Cell. 

"Jadi kita tidak perlu beli dan pasang infrastruktur seperti tiang dan jaringan PLN, sudah satu paket mereka sediakan," tuturnya.

BACA JUGA:Starlink Berbahaya bagi Indonesia, Semua Rahasia Dapat Diakses Negara Lain

Terpisah, Kepala Bidang Teknologi, Komunikasi, Informatika Diskominfostaper Kabupaten Paser, Siti Marnitasari, menuturkan, pemasangan Starlink ditargetkan di 10 desa yang belum tersentuh jaringan telekomunikasi.

Dikatakan dia, Starlink dinilai menjadi solusi sementara penyelesaian masalah keterbatasan akses telekomunikasi. Selain itu, Diskominfostaper juga akan menyiapkan 2 unit Starlink portable yang bisa digunakan secara mobile. 

Langkah ini bersifat sementara karena desa terisolasi belum terjangkau pembangunan Base Transceiver Station (BTS). Dimana pembangunan itu dilakukan Pemkab Paser maupun layanan Icon Plus yang memanfaatkan tiang Listrik PLN.

BACA JUGA:Cara Berlangganan Internet Starlink, Langsung Nyambung ke Satelit, Cocok untuk Pedalaman

"Karena jika ingin dipasang Icon Plus, syaratnya harus ada tiang Listrik. Sementara di desa terisolir belum masuk layanan PLN," tutupnya.

 

Kategori :