Jaga Lingkungan Tetap Lestari, PT Berau Coal Terima Kunjungan Kerja Kepala DLH Kaltim

Rabu 03-07-2024,21:00 WIB
Editor : Tri Romadhani

Anwar juga menjelaskan bahwa ada area tambang yang akan menjadi void. Ketika lubang bukaan tambang menjadi void, ada pemanfaatan yang dapat dilakukan untuk area tersebut, bisa jadi wisata air, bisa menjadi sumber pengairan untuk perkebunan dan pertanian ke depannya.

Bahkan, Ia bercerita PT Berau Coal sedang melakukan pilot project agar air void dapat langsung diminum dengan pemrosesan tertentu. Pada kunjungan tersebut, Kepala DLHK Kaltim itu pun langsung mencoba minum air yang telah diproses dari void.

"Saya sudah membuktikan meminum air void yang sudah diproses, diolah oleh water treatment, airnya segar. Bibit ikan juga dipijahkan oleh perusahaan di air yang dulunya bekas tambang atau void, kemudian dari hasil pemijahan benih ikan tersebut akan disebar ke seluruh void bekas tambang,” tuturnya.

Menurutnya tidak tepat kalau berasumsi perusahaan tidak melakukan reklamasi, karena ia telah melihat upaya yang telah dilakukan perusahaan dalam pemulihan lingkungan. 

“Mereka menambang sekaligus mereklamasi. Jadi berkesinambungan,” jelas Anwar.

Anwar mengapresiasi upaya yang telah dilakukan PT Berau Coal dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dirinya berharap perusahaan lain juga dapat melakukan hal yang sama. 

“Terima kasih Berau Coal, luar biasa, sudah membuktikan diri bahwa tidak hanya sekedar mencari hasil tambang, akan tetapi lingkungan juga tetap dijaga. Inilah yang sudah dilakukan PT Berau Coal secara profesional memelihara lingkungan,” pungkasnya. (ADVERTORIAL)

Kategori :