Fans 'Timnas Pusat' Tertunduk Lesu usai Belanda Takluk oleh Austria 3-2

Rabu 26-06-2024,07:04 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Austria berhasil mengalahkan Belanda dengan skor dramatis 3-2 di laga pamungkas Grup D UEFA Euro 2024 yang berlangsung di Olympiastadion Berlin pada Selasa (25/6) malam Wita.

Marcel Sabitzer menjadi pahlawan kemenangan Austria dengan mencetak gol penentu menjelang akhir pertandingan. 

Kemenangan ini mengantarkan Austria lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup, sementara Belanda harus menunggu hasil jalur peringkat ketiga terbaik untuk lolos ke fase selanjutnya.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan dimulai dengan cepatnya gol bunuh diri pemain Belanda, Donyell Malen, pada menit ketujuh. Gol ini terjadi ketika Malen berusaha menghalau umpan silang dari bek kiri Austria, Alexandre Prass, namun bola justru masuk ke gawang sendiri, membuat Austria unggul 1-0.

Belanda yang tertinggal langsung meningkatkan intensitas serangan. Namun, upaya mereka belum membuahkan hasil, dan tekanan dari Austria terus berlanjut.

BACA JUGA: Ngerinya Bursa Transfer Borneo FC: Delapan Pemain Hengkang, Enam Datang 

Pada menit ke-23, Malen mendapatkan peluang emas setelah menerima umpan dari gelandang keturunan Indonesia, Tijani Reijnders, tetapi penyelesaiannya masih belum tepat sasaran.

Malen hampir menebus kesalahannya pada menit ke-24 ketika ia berhadapan satu lawan satu dengan kiper Patrick Pentz, namun tendangannya meleset dari sasaran. 

Austria nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-38 melalui tendangan Marcel Sabitzer, tetapi berhasil ditepis oleh kiper Belanda, Bart Verbruggen. 

Skor 1-0 untuk Austria bertahan hingga akhir babak pertama.

Pertarungan Sengit

Memasuki babak kedua, Belanda langsung memberikan tekanan dan berhasil mencetak gol melalui tendangan Cody Gakpo hanya dua menit setelah babak kedua dimulai. 

Gol ini berawal dari serangan balik, di mana Xavi Simons mengirim bola terobosan yang disambut oleh Gakpo. Pemain Liverpool tersebut mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan yang menjebol pojok kiri gawang Austria, mengubah skor menjadi 1-1.

BACA JUGA: Kreatifitas Pemain Jadi Sorotan Nova Arianto, Usai Timnas U-16 Kalahkan Filipina 3-0

Kategori :