Gedung Data Center Loa Janan Sudah Diresmikan, Pintu Gerbang Menuju Integrasi Data Nasional

Rabu 03-04-2024,21:03 WIB
Editor : Iqbal A.


Banner Diskominfo Kukar.-ist-prokomkukar

KUKAR, NOMORSATUKALTIM- Dalam upaya memperkuat infrastruktur data nasional, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah merampungkan pembangunan Gedung Data Center di Kecamatan Loa Janan.

Gedung ini, yang dibangun dengan kerjasama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar. Lokasinya di samping Kantor Pelayanan Kecamatan Loa Janan.

“Inisiatif pembangunan gedung ini telah terwujud pada tahun 2023 dengan dana dari APBD perubahan tahun yang sama,” kata Camat Loa Janan, Heri Rusmadi.

Pun Bupati Kukar Edi Damansyah, telah meresmikan gedung yang dibiayai oleh APBD Perubahan Kukar tahun 2023 itu.

Menurut Heri, pembangunan Gedung Data Center ini bertujuan untuk mendukung kebijakan satu data Indonesia. Gedung ini akan menjadi pusat pengelolaan dan integrasi data yang esensial bagi Kecamatan Loa Janan, memastikan bahwa data yang dikumpulkan adalah akurat, terkini, dan aman.

“Fokus kami adalah pada pengelolaan data yang berkaitan langsung dengan Kukar dan Kecamatan Loa Janan,” ujar Heri.

Dia menambahkan bahwa dukungan pemerintah kabupaten sangat penting untuk memastikan kelanjutan pengumpulan dan pembaruan data, yang akan mendukung perencanaan dan kebijakan yang lebih tepat di masa depan.

“Dengan beroperasinya gedung data center baru ini, kami yakin bahwa proses perencanaan dan pembuatan kebijakan di Kecamatan Loa Janan akan menjadi lebih terarah dan efisien,” tutur Heri Rusmadi. (*)

Kategori :