Kembali Beroperasi di Indonesia, TikTok Kuasai 75 Persen Saham Tokopedia

Selasa 12-12-2023,16:30 WIB
Editor : Tri Romadhani

NOMORSATUKALTIM - TikTok Shop resmi mengumumkan kembali ke Indonesia lewat kemitraan dengan PT Tokopedia (Tokopedia) dengan menyuntik dana sebesar 1,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 23,4 triliun. TikTok milik ByteDance mengumumkan investasi di perusahaan teknologi terbesar di Indonesia dalam kesepakatan untuk memulai kembali ke aplikasi belanja di pasar ritel online di Indonesia.

 

TikTok akan mengambil alih saham pengendali di unit e-commerce GoTo Gojek Tokopedia, sebuah kemitraan yang akan membuat TikTok menginvestasikan 1,5 miliar dolar dalam jangka panjang pada Senin, 11 Desember 2023. Raksasa media sosial ini akan menggabungkan bisnis TikTok Shop di Indonesia dengan unit e-commerce GoTo, Tokopedia. TikTok mendapat 75 persen saham dalam kombinasi tersebut, yang akan menjalankan fitur belanja aplikasi media sosial TikTok di Indonesia.

 

Dengan kesepakatan baru ini, pengguna TikTok di Indonesia dapat kembali berbelanja dan membayar pembelian mereka tanpa meninggalkan aplikasi video  populer tersebut. Kesepakatan ini tidak biasa bagi ByteDance yang secara efektif mengambil alih pemain perdagangan online lokal terkemuka di pasar besar luar negeri.

 

Perjanjian tersebut dimana GoTo menjadi pendukung pasif operasi Tokopedia, memungkinkan ByteDance untuk memulai kembali bisnisnya di Indonesia dan mematuhi peraturan yang diberlakukan untuk menghentikan layanan ritel online ketika mereka mulai mendapatkan daya tarik terhadap Sea dan GoTo.

 

Imbasnya saham GoTo turun 13 persen di Jakarta karena investor menilai dampak TikTok menguasai bisnis e-commerce-nya.

 

Pemberi pinjaman digital terkemuka di Indonesia, Bank Jago, yang sahamnya dimiliki oleh GoTo, menguat sebesar 7,9 persen. Kerjasama ini berpotensi meningkatkan dan menyalurkan pembayaran dan transaksi e-commerce untuk platform yang dioperasikan Jago.

 

Pemerintah Indonesia yang berupaya melindungi pesaing lokal termasuk puluhan juta UMKM, telah mengisyaratkan bahwa mereka menyetujui pakta baru TikTok dan GoTo.

 

Ketika TikTok tumbuh menjadi pesaing utama Tokopedia dan operator perdagangan lokal, Jakarta menetapkan peraturan pada bulan September yang memaksa pemain media sosial seperti TikTok untuk memisahkan layanan pembayaran mereka dari konten.

Kategori :