Tahun 2024, Pemkab Kukar Akan Bangun Pabrik Pakan Ikan di Loa Kulu

Sabtu 14-10-2023,21:53 WIB


--

Kukar, nomorsatukaltim - Untuk menangani masalah kenaikan harga pakan ikan yang terus naik di pasaran, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berencana membangun pabrik pakan ikan di Kecamatan Loa Kulu tahun 2024 nanti.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, Arbani, membeberkan rincian rencana ini kepada media. 

Arbani menggarisbawahi, urgensi dari kehadiran pabrik pakan ikan ini bagi masyarakat Kukar yang banyak terlibat dalam sektor perikanan, terutama dalam budidaya ikan. 

Ia melihat bahwa Loa Kulu adalah lokasi yang sangat strategis untuk pabrik ini, karena wilayah tersebut memiliki luasnya kawasan budidaya ikan dan dekat dengan beberapa kota besar di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Keberadaan pabrik pakan ikan menjadi suatu kebutuhan penting mengingat jumlah petani ikan yang signifikan di Kukar. Ini bukan hanya berlaku untuk Loa Kulu, tapi juga untuk wilayah lain seperti Tenggarong, Tenggarong Sebrang, dan wilayah hulu," ujar Arbani, Sabtu (14/10/2023).

Arbani berharap bahwa dengan adanya pabrik pakan ikan ini, masyarakat petani dan nelayan dapat mengakses pakan ikan dengan harga yang lebih terjangkau serta kualitas yang unggul.  

“Pabrik ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kukar dan memperkuat posisi produk pakan ikan lokal di pasar,” pungkasnya. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Kategori :