Kemenparekraf dan OIKN Gelar Famtrip ke Berau

Senin 16-10-2023,13:00 WIB
Editor : Rudi Agung

NOMORSATUKALTIM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) menggelar perjalanan wisata pengenalan atau familiarization trip aka famtrip ke Kabupaten Berau, Kaltim.

Tujuannya, mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar wilayah IKN. Selain mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, kegiatan ini juga untuk memberikan awareness tentang Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia dan gambaran progres pembangunan IKN. Sehingga dapat mengedukasi masyarakat mewujudkan IKN sebagai kota dunia untuk semua.

Diharapkan famtrip itu dapat tercipta travel pattern Paket Wisata IKN. Dengan pola perjalanan meliputi wilayah IKN, Samarinda, dan Balikpapan. Termasuk Desa Wisata di daerah terkait.

Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono, mengatakan pihaknya sangat optimistis potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Berau, Kaltim, akan mampu menarik minat kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Berau memiliki potensi wisata alam dan wisata bahari yang tidak kalah dengan destinasi wisata unggulan lain di Indonesia,” ujarnya, melalui siaran pers, Senin (16/10/2023). Meski begitu pihaknya tetap menyiapkan strategi khusus untuk promosi.

“Salah satunya melalui famtrip ini. Kami akan terus mendukung upaya-upaya promosi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Berau,” katanya.  

Terutama mendukung pencapaian target Rp 1,2 miliar–Rp 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara pada tahun 2023. Sekaligus penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024.

Kemenparekraf/Baparekraf juga telah menggelar beberapa kegiatan sebagai upaya mendukung promosi pariwisata IKN. yYaitu FGD dengan pelaku parekraf di Kaltim, famtrip dengan mengajak KOL dan selebgram, upacara 17 Agustus 2023. Termasuk launching dukungan Kemenparekraf terhadap pengembangan pariwisata IKN pada WBSU pada September lalu.

Kegiatan famtrip ini mengenalkan beberapa destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif di Kabupaten Berau dan sekitarnya. Para peserta diajak untuk hopping island ke beberapa destinasi wisata seperti Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, Pulau Derawan, dan Goa Halo Tabung. (*)

Kategori :