Dukungan terhadap Biden Kian Menguat

Kamis 08-10-2020,05:56 WIB
Reporter : bayong
Editor : bayong

Washington, nomorsatukaltim.com - Dukungan ke calon presiden yang diusung oleh Partai Demokrat, Joe Biden, terus menguat. Usai debat perdana pilpres dan diagnosa positif corona petahana Donald Trump.

Menurut polling CNN paling baru yang dilakukan oleh SSRS antara calon pemilih, 57 persen mengatakan, mereka mendukung Biden dan 41 persen lainnya mendukung Trump.

Jajak pendapat dapat dikatakan bahwa kemungkinan pemilih secara luas lebih memilih Biden daripada Trump. Pada sejumlah masalah yang dianggap sangat penting.

Mulai dari persoalan virus corona (59 persen lebih memilih Biden, 38 persen Trump), perawatan kesehatan (59 persen hingga 39 persen), ketidaksetaraan rasial di Amerika (62 persen hingga 36 persen), nominasi ke Mahkamah Agung (57 persen hingga 41 persen), dan kejahatan dan keamanan (55 persen hingga 43 persen).

Biden juga unggul soal siapa yang akan menangani ekonomi lebih baik: 50 persen mengatakan Biden dan hanya 48 persen untuk Trump.

Peringkat kesukaan pada Biden juga meningkat: 52 persen orang Amerika sekarang memiliki kesan positif terhadap mantan wakil presiden itu. Dibandingkan dengan 39 persen yang memiliki pandangan positif tentang Trump.

Kemungkinan pemilih cenderung menganggap Biden sebagai kandidat yang akan mempersatukan negara (61 persen Biden banding 33 persen Trump), yang jujur dan dapat dipercaya (58 persen Biden banding 33 persen Trump), yang peduli dengan orang-orang seperti Anda (58 persen Biden banding 38 persen Trump).

Selain itu, Biden unggul soal siapa yang memiliki rencana yang jelas untuk menyelesaikan masalah bangsa (55 persen banding 39 persen) dan yang akan menjaga orang Amerika aman dari bahaya (55 persen banding 43 persen).

Survei terbaru kemudian mengungkap, Biden telah memperluas keunggulannya atas Trump di kalangan wanita: dari 57 persen menjadi 37 persen pada September menjadi 66 persen menjadi 32 persen sekarang ini. Pergeseran itu mencakup keuntungan bagi Biden di antara wanita kulit putih. Dengan gelar sarjana dan wanita kulit berwarna.

Di antara orang-orang kulit berwarna pada umumnya, keunggulan Biden telah meningkat dari 59 persen menjadi 31 persen, pada September menjadi 69 persen menjadi 27 persen sekarang. Biden juga memperoleh keuntungan di antara pemilih muda, moderat, dan independen selama sebulan terakhir.

Perlu diketahui, peningkatan dukungan untuk Biden ini tidak disertai dengan penurunan dalam dukungan untuk Trump. Para pendukung inti petahana tetap mendukungnya seperti sebelumnya.

Di antara pria kulit putih tanpa gelar perguruan tinggi, misalnya, dukungan Trump telah meningkat dari 61 persen pada September menjadi 67 persen sekarang.

Namun Trump tampaknya tidak mendapatkan keuntungan apa pun. Di antara kelompok-kelompok yang perlu ditarik kampanyenya untuk mengurangi kepemimpinan Biden yang sudah berlangsung lama.

Dibandingkan dengan jajak pendapat CNN nasional terakhir, komposisi partisan jajak pendapat paling baru ini hanya sedikit lebih Demokrat (33 persen dari semua orang dewasa mengatakan bahwa mereka sekarang adalah Demokrat, dibandingkan dengan 30 persen pada awal September) dan tidak kurang dari Partai Republik (28 persen GOP sekarang vs 27 persen di awal September).

Dalam jajak pendapat CNN sebelumnya di antara pemilih terdaftar dalam jajak pendapat, 35 persen menganggap diri mereka Demokrat dan 30 persen Republik. Angka-angka itu masing-masing 33 persen dan 30 persen.

Tags :
Kategori :

Terkait