Presiden China yang Suka Membaca

Sabtu 19-09-2020,14:16 WIB
Reporter : bayong
Editor : bayong

Pada malam hari, Xi biasanya membaca tulisan-tulisan Mao di bawah lampu minyak. “Sementara Xi membaca, saya merokok. Xi membaca karya-karya Mao dan koran. Tak ada kegiatan lain,” kata Lu kepada wartawan BBC di Beijing, Carrie Gracie.

Yang juga sangat ia ingat adalah Xi sangat suka membaca dan perokok berat. Lu menuturkan, Xi sangat serius, tak suka bercanda, tak bermain kartu atau berupaya mencari pacar.

Xi berbicara tentang membaca sebagai salah satu hiburan favoritnya, bahkan satu-satunya hiburan yang dia masih punya waktu, dan dia tampaknya adalah penggemar sastra Rusia. Secara mengesankan, dia dapat menarik perhatian lebih dari 10 penulis Rusia favorit yang berbeda, termasuk Gogol, yang tulisannya pasti beresonansi dengannya ketika dia mencoba memberantas korupsi di birokrasi Tiongkok. Tentu saja, dia mengungkapkan rasa sayangnya pada sastra Rusia dalam sebuah wawancara dengan televisi Rusia.

Masih di desa tempat ia dikirim selama Revolusi Kebudayaan, masyarakat setempat mengingatnya tengah “membaca buku setebal batu bata sambil menggembalakan domba di lereng gunung atau di bawah lampu minyak tanah pada malam hari.

Selain itu, meskipun banyak pidato Xi sarat dengan retorika sosialis membosankan seperti ciri pendahulunya, ia sering menghidupkan pidatonya dengan ucapan dari para filsuf Tiongkok. Saat membahas perkembangan pemuda Tionghoa, misalnya, ia merefleksikan, “Belajar adalah haluan, sedangkan kompetensi adalah anak panah.” Ia juga mengatakan, “Kebajikan mengangkat, sedangkan keburukan merendahkan.”

Memang, dalam pidato di hadapan profesor dan mahasiswa di Universitas Peking, Xi menceritakan setidaknya 40 kutipan berbeda dari para pemikir Tiongkok kuno (185-199). Tidak ada yang mengatakannya lebih baik dari seorang filsuf China kuno.

KEPRIBADIAN UNIK

Memang, presiden China tidak memiliki kata-kata yang baik untuk pejabat yang menyembah Buddha; mencari nasihat Tuhan untuk memecahkan masalah mereka; melakukan tugas mereka dengan cara yang membingungkan; merindukan sistem dan nilai sosial Barat; kehilangan kepercayaan mereka pada masa depan sosialisme; atau mengadopsi sikap samar-samar terhadap provokasi politik melawan kepemimpinan BPK.

Xi juga tidak merengek. Meskipun dia menyatakan bakal menghabiskan seluruh waktu pribadi untuk pekerjaannya, dia tidak mengeluh. Sebaliknya ia hanya berkata, “Karena rakyat telah menempatkan saya pada posisi kepala negara, saya harus menempatkan mereka di atas segalanya. Mengingat tanggung jawab saya yang seberat Gunung Tai, selalu khawatir tentang keamanan dan kesejahteraan rakyat, bekerja dengan teliti siang dan malam, berbagi perasaan yang sama dengan orang-orang, berbagi saat-saat baik dan buruk dengan mereka, dan bekerja dalam upaya bersama dengan mereka.”

Selain itu, Xi memiliki jiwa pesaing. Dalam membahas keinginannya agar China menjadi negara inovatif, Xi jelas tidak senang dengan status tingkat kedua China. Ia menyatakan, “Kami tidak selalu bisa menghiasi hari esok kami dengan hari kemarin orang lain. Kami tidak bisa selalu mengandalkan pencapaian ilmiah dan teknologi orang lain untuk kemajuan kita sendiri.”

Jawabannya sangat bergantung pada inovasi asli. Ia menyebut, “Yang terpenting, kami harus dengan teguh mengikuti jalur inovasi independen yang menampilkan karakteristik Tiongkok. Hanya dengan memegang teknologi kunci di tangan kita sendiri, kita dapat benar-benar mengambil inisiatif dalam persaingan dan pembangunan, dan memastikan keamanan ekonomi, keamanan nasional, dan keamanan di bidang lain.”

Dia menyimpulkan, “Persaingan ilmiah dan teknologi seperti berselancar di jalur pendek. Saat kita mempercepat, begitu pula orang lain. Mereka yang bisa meluncur lebih cepat dan mempertahankan kecepatan tinggi lebih lama akan memenangkan gelar.”

TERJUN DI POLITIK

Pada usia 18 tahun, Xi terjun ke dunia politik. Ia menjadi anggota Liga Pemuda Komunis dan setelah beberapa kali ditolak karena faktor ayahnya yang pernah dipenjara, Xi akhirnya resmi menjadi anggota penuh Partai Komunis saat berumur 21 tahun.

Mereka yang mengenal Xi menggambarkannya sebagai seseorang yang “sangat pragmatis dan ambisius, yang berbeda dengan pemuda kebanyakan yang masih punya waktu untuk bersenang-senang.”

Saat usianya menginjak 25 tahun, ayahnya direhabilitasi dan mendapat penugasan di Guangdong, provinsi tetangga Hong Kong, yang menjadi salah satu kunci kebangkitan ekonomi China.

Tags :
Kategori :

Terkait