Pasar Rawa Indah Bontang Mulai Ditempati Pedagang

Pasar Rawa Indah Bontang Mulai Ditempati Pedagang

BONTANG, nomorsatukaltim - Bangunan Pasar Rawa Indah mulai ditempati, Rabu (15/7) kemarin.  Ada yang suka cita. Tapi ada pula yang masih kecewa.

Bangunan 4 lantai ini sudah selesai pengerjaannya sejak 2019. Proyek pembangunan pasar dikerjakan secara bertahap. Mulanya 2013. Lalu terhenti akibat persoalan lahan.

Lanjut lagi di 2017. Setelah sengketa lahan selesai. Tapi baru selesai tahun lalu, 2019 kemarin. Tepat akhir tahun.

Anggaran proyek ini sebesar Rp 98 miliar. Dibayar dengan cara dicicil. Beruntung ada kontraktor yang mau-kerjakan proyek itu. PT Sasmito, asal Surabaya.

PT Sasmito cukup tangguh menawar di lelang tender proyek ini. Empat perusahaan BUMN tumbang. Harganya masih kalah jauh, ketimbang Sasmito.

Pengerjaan proyek pun dikebut. Dua tahun rampung. Bangunan siap pakai, lengkap dengan instalasi air dan listrik. Pedagang tinggal masuk saja.

"Hari ini mulai ditempati, semua fasilitas sudah tersedia," ujar Kepala Dinas Koperasi, UMKM-Perdagangan, Asdar Ibrahim saat dikonfirmasi, Rabu (15/7).

Pedagang riang. Mereka masuk di lokasi baru. Lengkap dengan fasilitasnya. Modern dan bersih. Tidak becek, atapnya kokoh menapis air hujan.

Para pedagang ini dulunya korban kebakaran. Tahun 2012 lalu. Yang menghabiskan seluruh lapak pedagang. Yang rugi ratusan juta rupiah itu.

Bangunan pasar dibangun rapi. Tiap lantai sesuai jenis pedagang. Lantai 1, diisi pedagang ikan dan ayam. Ada kolam ikannya. Kecil. Hanya cukup untuk ikan jualan.

Penjual daging di lantai 2. Ada tiang-tiang panjang di atas lapak. Untuk menggantung daging-daging jualan. Pedagang sayur juga di lantai 2. Mereka gembira. Tempatnya lebih layak, daripada pasar sementara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: