Mulai Gerilya, Barkati-Darlis Mencari Restu PDIP untuk Maju Pilkada Samarinda

Mulai Gerilya, Barkati-Darlis Mencari Restu PDIP untuk Maju Pilkada Samarinda

Samarinda, DiswayKaltim.com - Pasangan Barkati-Darlis kembali membuat sensasi. Pertama, beredar video dukungan dari Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan. Kedua, beredar foto bersama Ketua DPD PDIP Kaltim Safaruddin. Rentang waktunya pun berdekatan.

Beredarnya foto tersebut terungkap Sabtu (20/6) lalu. Dimana keduanya berpose bersama sejumlah petinggi partai lain. Seperti Ketua DPC PDIP Samarinda Siswadi, Sekretaris DPC Achmad Sofyan dan bendaraha DPC Sutrisno. Sementara dari fungsionaris PAN seperti Sekretaris DPW PAN Kaltim Zain Taufiknurrahman dan pengurus lainnya.

"Saya beserta sekretaris dan bendahara DPC PDIP Samarinda saat itu melakukan silaturami mempertemukan bakal calon dengan Ketua DPD PDIP Kaltim Safaruddin," ungkap Siswadi, Minggu (21/6). Disinggung lebih lanjut, Siswadi hanya menyampaikan bahwa pertemuan itu hanya upaya komunikasi politik.  "Sepanjang belum terbitnya SK, siapapun boleh berkomunikasi dan tentunya bersilahturahmi. Ini kan proses politik. Jadi saya tegaskan, selama belum ada SK, semuanya boleh saja. Bagi siapapun yang mendaftar di PDIP," imbuhnya.

Baca juga: Lewat Video, Pasangan Badar Dapat Dukungan dari Zulkifli Hasan

Seperti diketahui, sebelumnya Ketua DPD PDIP Kaltim Safaruddin menyatakan telah mengusulkan nama Erwin Izharuddin dan Apri Gunawan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP untuk dipasangkan dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwali) Samarinda mendatang.

"Yang jelas bukan masalah siapa yang pasti diusung atau tidak. Sepanjang jalur kuning belum melengkung artinya siapa saja boleh bersilaturahmi," ucapnya.

"Karena semuanya ini masih proses politik. Jadi boleh saja komunikasi politik. Makanya saya mendampingi pasangan ini (Barkati-Darlis) didampingi Sekertaris dan Bendahara," timpal Siswadi.

Terkait kapan SK akan diterbitkan oleh DPP dan nama calon yang akan diusung, ketua DPRD Samarinda ini belum dapat memastikan. Hal itu merupakan keputusan dari DPP. “Intinya yang disampaikan Ketua DPD selama SK belum terbit silahkan bersilaturahmi," pungkasnya.

Sementara itu di lain tempat juga beredar video dukungan. Dari ketua DPP PAN Zulkifli Hasan. Untuk mendukung pasangan calon Barkati-Darlis. Video pendek itu berdurasi 35 detik. Dalam video, Zulkifli awalnya memperkenalkan dirinya terlebih dahulu sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN).

Kemudian ia meminta kepada seluruh kader untuk bekerja keras.  Khususnya dalam memenangkan Barkati yang maju di pemilu Samarinda. Tak lupa pula Zulkifli memperkenalkan Darlis sebagai pasangan Barkati.

"Untuk itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat. Yuk dukung terus Barkati-Darlis," ucapnya dalam video.

Barkati membenarkan hal itu. Ia mengaku bersyukur mendapat dukungan penuh dari Ketua Umum DPP PAN itu. Ia juga berkomentar terkait isu akan adanya dua SK dukungan dari PAN.

"Kalau isunya sekarang ini SK bisa berubah, bisa diganti, padahal namanya SK itu marwahnya partai, masa harus diganti-ganti, dimana profesionalnya partai nanti," tegas Barkati.

Tak berselang lama, Barkati pun mengupdate status WhatsAppnya dengan video tersebut. Tepatnya pukul 14.36 WITA. Dan di waktu yang sama pula, Barkati kembali mengupload foto dirinya bersama Siswadi dan Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Kaltim, Safaruddin. (nad/aaa/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: