Enggan Calonkan Kader di Pilkada Samarinda, Ternyata PKS Punya Alasannya

Enggan Calonkan Kader di Pilkada Samarinda, Ternyata PKS Punya Alasannya

Samarinda, DiswayKaltim.com - Surat keputusan partai keadilan sosial (PKS) yang mendukung pasangan Bakal Calon Walikota Samarinda Andi Harun (AH) dan Rusmadi benar-benar sah. Sekaligus menjawab kepastian soal PKS yang seharusnya maju dengan wakilnya sendiri.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Kaltim Harun Al Rasyid ketika dikonfirmasi oleh media ini melalui saluran telepon, Kamis (18/6/2020) mengatakan ada tiga alasan partai tersebut mendukung ketua DPD Gerindra tersebut. Pertama, tidak adanya kader internal yang ingin maju ke pilkada Samarinda sebagai bakal calon Walikota maupun wakil.

Kemudian alasan kedua pihaknya melihat elektabilitas dan hasil survei pasangan tersebut cukup tinggi. Hingga akhirnya partai tersebut berkoalisi dengan partai lain seperti PKB, Gerindra dan PPP.

"Saya melihat peluang AH untuk menang. Itu dilihat dari hasil survei," ucapnya.

Poin terakhir jalinan komunikasi PKS dengan Gerindra pun sudah berjalan cukup lama. Dari jalinan komunikasi itu jugalah yang membuat PKS ingin berkoalisi dengan AH-Rusmadi.

Dari ketiga itulah yang membuat PKS enggan menyalonkan kadernya sebagai bakal Calon Walikota. Bahkan politisi PKS Arif Kurniawan pun tidak dilirik karena kalah elektabilitas dengan bakal calon yang ada di Samarinda.

Sebelumnya Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Timur (Kaltim) menegaskan bahwa arah dukungan partai PKS final pada pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota AH-Rusmadi. Penegasan tersebut disampaikan oleh Ketua DPW PKS Kaltim Harun Al Rasyid, Selasa (16/6/2020) di gedung DPRD Kaltim.

"PKS telah final mendukung AH dan Rusmadi di Pilkada 2020 sesuai dengan SK yang telah di keluarkan," katanya.

Terkait adanya rumor yang beredar bahwa PKS mengarahkan mendukung pasangan Zairin dan Sarwono, ditegaskan kembali oleh Harun Al Rasyid jika itu hanya isu saja.

"Tidak benar, itu hanya isu PKS telah final sesuai SK," tegasnya.

Diinformasikan sebelumnya bahwa PKS resmi mengeluarkan Surat Keputusan (SK) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

SK tersebut berisi dukungan kepada pasangan AH dan Rusmadi yang akan bartarung dalam pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Samarinda 2020.

SK tersebut diserahkan langsung secara resmi oleh Ketua PKS Kaltim Harun Al Rasyid kepada AH di Kantor DPW PKS Kaltim pada, Rabu (25/3/2020) silam. (nad/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: