Penumpang Pesawat Diminta Lewat Alaya

Penumpang Pesawat Diminta Lewat Alaya

Samarinda, DiswayKaltim- Jalan DI Panjaitan yang menjadi akses utama menuju Bandara APT Pranoto lumpuh akibat banjir. Pihak bandara pun menyiapkan bus Damri untuk mengangkut penumpang menuju bandara.

Kepala Bandara APT Pranoto, Dodi Dharma Cahyadi mengatakan sudah meminta manajemen Bus Damri untuk menyiapkan armada. "Saya sudah perintahkan bus bandara untuk stand by," kata Dodi, Minggu (9/6) pagi.

Dodi menjelaskan penumpang pesawat yang hendak menuju APT Pranoto diimbau melewati jalur Alaya, tidak melintas Jalan DI Panjaitan. " Di Alaya sudah ada petugas yang melayani penumpang menuju bandara, karena jalur alternatif juga tenggelam banjir," beber Dodi.

Jalur alternatif yang dimaksud adalah Jalan Gunung Lingai yang memang disiapkan untuk rute alternatif.

Dodi menambahkan, bus Damri tidak berani menerobos jalan DI Panjaitan dan Jalan Ahmad Yani karena debit air cukup tinggi. Karena itu pihak bandara hanya sanggup menjemput di Alaya saja.

“Untuk penerbangan, sementara baru Batik Air yang menunggu cuaca membaik dulu. Kru pesawat sementara masih menginap di penginapan," tutur Dodi.

Solusi lain adalah menyiapkan truk bagi penumpang oleh Basarnas. "Tapi baru satu unit yang ready," imbuhnya.

Sementara itu jalur menuju APT Pranoto yang mendadak lumpuh akibat banjir diantaranya Jalan Ahmad Yani, Jalan DI Panjaitan dan jalur alternatif Jalan Gunung Lingai. Ketinggian air hingga pukul 10.00 WITA sudah mencapai lutut orang dewasa. (m3/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: