Tempat Wisata Belum Bisa Buka, Dispar Tunggu Rekomendasi Gugus Tugas

Tempat Wisata Belum Bisa Buka, Dispar Tunggu Rekomendasi Gugus Tugas

Samarinda, DiswayKaltim.com - Tempat wisata belum sepenuhnya direstui buka. Pasalnya, pemkot masih menunggu rekomendasi dari Tim Gugus Tugas COVID-19. Terkait boleh tidaknya beroperasi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Samarinda I Gusti Ayu Sulistiani. Ia mengatakan saat ini masih menunggu surat edaran dari Tim Gugus Tugas (Gugas) Covid-19. Khusus fase relaksasi yang kedua ini Dispar menanti edaran tentang izin dibolehkannya membuka tempat wisata.

"Apabila surat edaran tersebut telah keluar, maka setiap pemilik usaha harus memenuhi persyaratan protokol kesehatan," ungkapnya.

Seperti penyediaan wastafel, hand sanitizer, serta rutin menyemprotkan disinfektan di tempat wisata. Ia mengaku Dispar selaku mengingatkan hal itu. Karenanya ia menyebut hal ini adalah kewajiban, tanggung jawab dan kedisiplinan dari semua pengusaha pariwisata.

"Bukan hanya dinas pariwisata atau pemerintah," ucapnya.

Menyikapi pembukaan tempat wisata pun diharapkan adanya kesadaran dari masyarakat. Ayu menambahkan apabila ada penambahan kasus positif COVID-19 setelah tempat wisata dibuka, maka secepatnya akan ditutup kembali.

"Jadi kan, kalau begitu yang rugi ya diri sendiri. Makanya kami tekankan, pemerintah tidak bisa setiap saat mengawasi. Tetapi diri sendiri yang harus disiplin, memiliki rasa tanggungjawab bersama-sama agar tempat usaha menjadi aman," sambungnya.

Ia pun memohon agar pengunjung yang datang dalam kondisi sehat. Dan tidak membawa penyakit. Ayu juga meminta masyarakat tidak menjadikan kesempatan tersebut sebagai euforia.

“Meskipun saya tidak terlalu mengerti masalah kevirusan, tapi saya sering dengar dari para ahli, bahwa kita tidak akan terbebas dari virus ini dalam waktu dekat," tuturnya.

Namun, dengan adanya kelonggaran seperti ini, kebijakan masyarakat dalam menyikapi kondisi sangat penting.

"Jangan mentang-mentang ada kelonggaran, jadi seperti sedia kala dalam mengelola tempat wisata. Seperti mengadakan event yang mendatangkan banyak orang. Jangan dulu," lanjut Ayu.

Dispar Samarinda berharap agar masyarakat dapat mengikuti semua aturan badan kebijakan yang diberikan oleh pemerintah. Yakni tetap menjaga diri, menahan diri, dan mengikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Ini semua demi kebaikan bersama," pungkasnya. (nad/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: