Satu Desa di Kukar Belum Dapat Bantuan

Satu Desa di Kukar Belum Dapat Bantuan

Sebagian besar sudah terdata di Kementerian Sosial. Sampai saat ini sebanyak 71 ribu KK. Dari target 120 ribu KK. Terbanyak penerima bantuan di Kota Balikpapan. Di daerah terpencil atau pelosok sudah dicover oleh bantuan lain.

Selain dari Kementerian Sosial, ada juga alokasi dari dana desa. Ada lagi bantuan Prakerja. Jadi, sebagian besar masyarakat sudah dapat bantuan tersebut.

Pencocokan data dengan program Prakerja ini juga tergolong sulit. Karena harus melakukan pendaftaran secara online. Otomatis data mereka langsung ke Kementerian Tenaga Kerja. Jadi, Pemprov Kaltim harus kembali mencocokan data tersebut.

“Kami mensinkronkan itu agak sulit. Jangan sampai sudah dapat bantuan dari program Prakerja, dapat lagi bantuan dari Pemprov. Nanti kasihan masyarakat yang tidak mendapatkan sama sekali. Sifat kehati-hatian ini yang membuat kita agak lambat,” terangnya.

Menurutnya, anggaran Rp 500 miliar itu tidak langsung dihabiskan saat ini. Itu persediaan sampai Desember 2020 nanti. “Sambil kita melihat kondisi yang terjadi nanti. Kalau pandemi ini berkepanjangan, kemungkinan dana itu akan bertambah,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: