Kukar Siapkan 14 Ribu Alat Rapid Test, Satu Pedagang Pasar Malam Reaktif

Kukar Siapkan 14 Ribu Alat Rapid Test, Satu Pedagang Pasar Malam Reaktif

Kukar, DiswayKaltim.com - Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kukar terus melakukan pencegahan dini. Terkait penyebaran virus corona. Salah satunya dengan melakukan rapid test massal kepada masyarakat.

Seperti halnya pedagang pasar malam, Kamis (28/5/2020) malam. Sebanyak 100 pedagang dites. Dilakukan sejak pukul 17.00 hingga 21.00 Wita.

"Tadi konfirmasinya ada reaktif 1 orang pedagang," ujar Staff Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar Rahmat.

Mengetahui hasil tes tersebut, Diskes Kukar dan Satpol PP yang bertugas menyarankan pedagang tersebut untuk pulang dan melakukan isolasi mandiri. Bahkan rencananya, Diskes akan melakukan tes swab, Jumat (29/5) kemarin. "Untuk menentukan dia negatif atau positif COVID-19," lanjut Rahmat, lagi.

Terpisah, Kepala Diskes Kukar Martina Yulianti mengatakan telah menyiapkan sebanyak 14.000 RDT (Rapid Diagnostic Test) secara bertahap. Dan memastikan akan ada lagi rapid test yang dilakukan secara bertahap maupun secara massal kepada masyarakat Kukar. "Jadwal sedang disusun," jelas Martina pada Disway Kaltim.

Adapun yang menjadi sasaran yakni kontak erat dari penderita terkonfirmasi positif. Pelaku perjalanan yang teridentifikasi terdapat klaster tertentu. Pasien yang berobat ke fasilitas kesehatan sebagai bagian dari skrining. Tenaga kesehatan yang berisiko kontak dengan pasien COVID-19, para relawan, petugas lapangan dalam gugus tugas, pengelola rumah ibadah.

Serta para pedagang di pasar, kafe, dan angkringan. Salah satunya pemeriksaan rapid test yang dilakukan pada pedagang pasar di Lapangan Pemuda, Kamis malam lalu. Tujuannya untuk melakukan deteksi dini dan bagian dari case finding.

"Sehingga Kukar memiliki peta kasus yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dengan tepat," pungkas Martina. (mrf/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: