Kukar Terus Lakukan Tracing Kasus Pada Kontak Erat Pasien Positif

Kukar Terus Lakukan Tracing Kasus Pada Kontak Erat Pasien Positif

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar Martina Yulianti. (Dok Disway Kaltim)

Kukar, DiswayKaltim.com - Tim surveilens di bawah komando Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Kukar, terus melakukan tracing kasus kepada kontak erat pasien yang telah dinyatakan positif COVID-19.

Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar Martina Yulianti, bertujuan agar kontak erat tersebut memiliki kepastian bagaimana status kesehatannya saat ini. Apakah positif terpapar COVID-19 maupun dipastikan negatif.

"Kalaupun (hasilnya) negatif, juga status yang bersangkutan (kontak erat) juga jelas di masyarakat," terang Martina Yulianti pada Disway Kaltim, Rabu (27/5/2020) malam.

Karena seperti yang diketahui sekarang, masih ada saja respons masyarakat yang berlebihan dalam menyikapi hal ini. Yang mengarah pada stigma negatif kepada keluarga pasien. Meskipun sebagian besar masyarakat juga sudah menanggapi terkait COVID-19 secara proporsional.

Terlebih saat ini Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kukar sedang berupaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dari Klaster Gowa. Yang menjadi penyumbang terbesar jumlah kasus positif saat ini.

"Yang jelas kita sudah melakukan swab tenggorok dan sudah kita kirim dan tinggal menunggu hasil, mudah-mudahan bisa segera selesai kasusnya semua," pungkas Martina. (mrf/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: