Pemeliharaan Sistem Informasi, Nasabah Diimbau Tidak Panik, Uang Dijamin Tetap Aman

Pemeliharaan Sistem Informasi, Nasabah Diimbau Tidak Panik, Uang Dijamin Tetap Aman

Nasabah mendatangi Bank Mandiri Cabang Mulawarman Samarinda, Sabtu (20/7/2019). (Michael/diswaykaltim.com) Jakarta, DiswayKaltim.com – Kejadian hilangnya saldo di rekening nasabah Bank Mandiri, Sabtu (20/7/2019) pagi ini disebabkan pemeliharaan sistem teknologi informasi yang dilakukan bank pelat merah itu. Keterangan ini disampaikan Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas melalui rilis yang diterima DiswayKaltim.com. Menurut Rohan, dalam proses pemeliharaan dan peningkatan kualitas sistem IT tersebut, berdampak pada berubahnya nilai saldo sebagian nasabah. Bank Mandiri saat ini sedang melakukan normalisasi saldo rekening yang terdampak pemeliharaan sistem IT tersebut. “Kami memohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sedang melakukan normalisasi saldo nasabah dan kami juga memastikan bahwa dana nasabah tetap aman serta tidak hilang,” kata Rohan Hafas, Sabtu (20/7). Bank Mandiri mempersilahkan nasabah yang ingin melakukan pengecekan rekening tabungannya ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Rohan meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. "Kami pastikan rekening nasabah, aman," tegas Rohan. Diberitakan sebelumnya, puluhan nasabah Bank Mandiri di dua kota, Samarinda dan Balikpapan ramai-ramai melaporkan kejadian yang mereka alami ke kantor cabang Bank Mandiri. Saldo yang ada di rekening tiba-tiba berkurang dan bahkan ada yang kosong tak tersisa. Padahal, mereka mengaku tidak melakukan transaksi apapun. Kejadian ini disebut terjadi di beberapa region termasuk region 9 yang mencakup wilayah Kalimantan. Bank Mandiri Cabang Ahmad Yani Balikpapan merilis beberapa pernyataan dan informasi terkait kejadian ini seperti diterima DiswayKaltim.com berikut:

  1. Perbaikan sistem elektronik dari pusat di Jakarta dan ini secara nasional dan tidak semua terkena dampak ini hanya sebagian saja.
  2. Untuk kondisi uang nasabah Mandiri pihak Mandiri menjamin aman ada di bank tidak hilang cuma data elektroniknya saja yg bermasalah.
  3. Untuk sementara waktu tidak bisa digunakan sampai menunggu perbaikan sistem.
  4. Tapi untuk penarikan tunai atau manual lewat bank bisa menunggu jam jam kerja hari Senin.
  5. Untuk memastikan atau tidak percaya kebaradaan uang di rekeningnya bisa di cek manual ke Bank Mandiri Cabang Ahmad Yani. (eny)
Berita Terkait: Gangguan Sistem IT, Saldo Nasabah Bank Mandiri Tiba-Tiba Kosong  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: