Penumpang Bandara APT Pranoto Samarinda Melonjak 12 Persen selama 2024

Penumpang Bandara APT Pranoto Samarinda Melonjak 12 Persen selama 2024

Suasana di Bandara APT Pranoto Samarinda. -istimewa-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto di Samarinda, mencapai lonjakan signifikan pada sektor layanan angkutan udara sepanjang tahun 2024.

"Data kami menunjukkan pertumbuhan luar biasa pada jumlah penumpang, pergerakan pesawat, dan volume kargo dibandingkan tahun sebelumnya," ujar Kepala Seksi Pelayanan dan Kerjasama UPBU APT Pranoto Samarinda, Denny Armanto belum lama ini.

Sepanjang 2024, sebanyak 423.480 orang yang berangkat melalui bandara APT Pranoto, dan ada 422.772 penumpang yang datang. Total sebanyak 846.252 penumpang tercatat datang dan berangkat melalui Bandara APT Pranoto, meningkat 12 persen dibandingkan 2023 yang mencatatkan 752.913 penumpang.

BACA JUGA:Bandara APT Pranoto Siapkan Layanan Parkir Inap Mulai Februari

BACA JUGA:Tahun Baru, Bandara APT Pranoto Samarinda Sediakan Extra Flight ke Berau

"Rata-rata pertumbuhan penumpang mencapai satu persen setiap bulan," kata Denny.

Setiap bulannya, rata-rata ada sebanyak 35.280 penumpang yang melakukan perjalanan melalui bandara udara APT Pranoto Samarinda. Nilai pencapaian ini, menurut Denny terbilang cukup baik.

"Kami terus berusaha meningkatkan konektivitas dengan menggandeng maskapai besar. Saat ini, Bandara melayani enam maskapai dan dua rute penerbangan paling populer adalah Samarinda-Jakarta (AAP-CGK) dan Samarinda-Surabaya (AAP-SUB) dengan frekuensi penerbangan hingga tiga kali sehari," jelas Denny.

"Kami juga terus berusaha meningkatkan konektivitas dengan menggandeng maskapai seperti Garuda Indonesia, BBN, Pelita Air, dan Trans Nusa untuk membuka rute baru ke kota-kota besar seperti Jakarta, Makassar, Yogyakarta, dan Denpasar," lanjut Denny.

BACA JUGA:Bagus untuk Siswa Kurang Mampu, Program MBG Jangan Sampai Jadi Ladang Korupsi

BACA JUGA:Usulan Komisi III DPRD Samarinda Agar Kemacetan Simpang Tiga PM Noor Berkurang: Tertibkan Pedagang Sekitar

Peningkatan ini tak lepas dari penambahan fasilitas modern yang mempermudah aktivitas pengguna bandara.

Bandara APT Pranoto kini dilengkapi dua unit garbarata yang memudahkan proses naik-turun penumpang dari pesawat. Selain itu, kehadiran mesin self check-in memungkinkan penumpang tanpa bagasi mempercepat proses check-in secara mandiri.

Selain itu, telah tersedia selasar untuk penjemput penumpang. Hal ini menjadi jawaban atas keluhan penumpang beberapa waktu lalu, yang sempat mengeluhkan terkait dengan penjemputan penumpang diarahkan ke area parkir yang jauh dari terminal penjemputan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: