Prabowo Ingin Buat Kampung Haji dan Umroh Khusus Indonesia di Tanah Suci

Prabowo Ingin Buat Kampung Haji dan Umroh Khusus Indonesia di Tanah Suci

Prabowo usul pembentukan kampung khusus jemaah Indonesia di Arab Saudi.-(Ilustrasi/MCH 2024)-

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM – Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto, mengusulkan pembangunan perkampungan khusus bagi jamaah haji dan umroh asal Indonesia di Tanah Suci, Arab Saudi. 

Kampung khusus haji dan umroh ini untuk menyentralisasi seluruh kegiatan ibadah jamaah Indonesia di satu lokasi.

Pemerintah ingin memastikan kenyamanan dan keamanan selama menjalankan ibadah haji dan umroh di Tanah Suci.

Rencana ini disampaikan oleh Irfan Yusuf, Kepala Badan Penyelenggara Haji yang baru saja dilantik oleh Presiden Prabowo, dalam sebuah konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2024). 

BACA JUGA: KPK Geledah Rumah Mantan Pejabat Kukar di Tenggarong

BACA JUGA: Pekan Pertama Operasi Zebra Mahakam 2024 di Balikpapan, Kecelakaan Meningkat 71 Persen

"Beliau (Prabowo) berharap bahwa Indonesia nantinya mempunyai perkampungan haji, perkampungan Indonesia sendiri di Tanah Suci, sehingga semua kegiatan jamaah haji maupun jamaah umroh Indonesia bisa terlokalisasi satu tempat di sana," ujar Irfan, seperti dikutip Antara.

Gagasan ini merupakan wujud keinginan Prabowo untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi jamaah haji dan umroh asal Indonesia. 

Dengan adanya perkampungan khusus jemaah Indonesia, diharapkan semua kegiatan bisa lebih terorganisir, termasuk dalam hal akomodasi dan mobilitas di Tanah Suci.

Selain itu, kata Irfan Yusuf, kampung khusus jemaah Indonesia juga bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan selama proses ibadah. 

BACA JUGA: Menuju Debat Pertama Pilkada 2024 Balikpapan, Angkat 3 Tema Penting dan Hadirkan 5 Panelis

BACA JUGA: Pelaku UMKM di PPU Difasilitasi Studio Live Streaming

Lokalisasi di satu tempat ini diharapkan mampu memperkuat kontrol dan koordinasi selama pelaksanaan ibadah, baik bagi jamaah haji maupun umroh.

Membentuk Badan Baru

Untuk mewujudkan visi besar ini, Presiden Prabowo telah membentuk Badan Penyelenggara Haji yang akan bertugas mengurus segala hal terkait pelaksanaan haji dan umroh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: