Pelaku UMKM Difasilitasi Studio Live Streaming

Pelaku UMKM Difasilitasi Studio Live Streaming

Kepala Dinas KUKM Perindag PPU, Margono Hadi Susanto. (Awal/Disway Kaltim)--


Banner 2, Pemkab PPU-Reza-nomorsatukaltim.disway.id

 

PENAJAM PASER UTARA, NOMORSATUKALTIM - Peranan dari pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) amatlah penting dalam menyokong perputaran ekonomi di daerah.

Namun untuk keberlangsungannya dalam jangka panjang dan mengikuti perkembangan terkini, tentunya perlu keterlibatan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan, salah satunya pemerintah daerah.

Peran dari pemerintah daerah tentunya memberikan fasilitas agar produk yang dijual pelaku usaha industri rumah tangga semakin dikenal dan laris.

Apalagi kini dengan merebaknya platform market place atau e-commerce yakni transaksi via sarana media elektronik, diharapkan dapat membaca peluang itu, karena pangsa pasarnya bakal semakin luas.

BACA JUGA : Petakan Daerah Rawan Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba di PPU

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag) telah memikirkan hal itu, bahkan terdapat program unggulan "Nge Live Yuk!', yakni memanfaatkan digital untuk penjualan produk.

Kepala Dinas KUKM Perindag Kabupaten PPU, Margono Hadi Susanto mengatakan, nantinya pelaku usaha dapat menjual produknya melalui siaran langsung atau live streaming.

Bahkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan meresmikan studio live streaming yang dapat dimanfaatkan untuk berjualan dan berinteraksi dengan penonton atau konsumen secara online.

"Kami tengah menyiapkan untuk adanya studio berjualan live streaming bagi pelaku UMKM," ucap Margono, ditemui di Kantor Bupati Paser, Selasa (22/10/2024).

BACA JUGA : Appraisal Pembebasan Lahan Pantai Nipah-Nipah PPU dalam Proses

Lokasi untuk studio live streaming yang diperuntukkan bagi pelaku UMKM yakni di Pasar Induk Penajam, Kilometer 4, Kelurahan Nenang.

Katanya, konsepnya nanti dapat dimanfaatkan secara bergantian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: