Pemkab Berau Beri Bimtek BPK Guna Tingkatkan Kapasitas

Pemkab Berau Beri Bimtek BPK Guna Tingkatkan Kapasitas

Pembukaan Bimbingan teknis dan orientasi lapangan penyusun laporan kinerja BPK, program kerja dan peran BUMK dalam mengelola kampung wisata berbasis masyarakat.-rizal/disway-

"Melihat fungsinya yang sangat urgen ini, perangkat BPK selain dituntut memiliki kecakapan, juga dituntut memiliki kapasitas, kualitas, dan kapabilitas guna memperkuat kapasitasnya sebagai DPR di tataran kampung," jelasnya.

Menurutnya, mewakili masyarakat tentu bukanlah perkara mudah. Beberapa tantangan yang paling nyata adalah bagaimana memfungsikan secara optimal struktur organisasi BPK termasuk bidang-bidang yang ada di dalamnya.

Bagaimana menggerakkan potensi dan partisipasi masyarakat, hingga bagaimana melaksanakan fungsi kontrol demi pencapaian target pembangunan daerah.

"Tantangan inilah yang harus segera dicermati dan dijawab oleh Ketua dan anggota BPK melalui visi, misi dan program-program unggulan yang nyata," tuturnya.

Dikatakannya, momentum Bimtek hari ini sejatinya adalah salah satu wujud ikhtiar kita semua, untuk mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kapasitas BPK selaku aparatur yang diharapkan dapat memajukan kampung.

BACA JUGA:Langkah Pemkab Berau Berdayakan UMKM: Perbanyak Pelatihan

BACA JUGA:Sembilan Pelanggaran Jadi Perhatian Operasi Zebra Mahakam 2024

"Untuk itu, besar harapan saya, saudara-saudara, para anggota BPK sekalian dapat mengikuti Bimtek ini dengan sebaik-baiknya," harapnya.

"Cermatilah setiap paparan yang disampaikan oleh narasumber, tanyakan apa yang kiranya perlu ditanyakan, dan terapkanlah ilmu yang saudara dapatkan hari ini dalam kinerja saudara selaku anggota BPK di kampung saudara masing-masing," sambungnya.

Sementara, Ketua PABDSI Berau, Dendy haryono, mengatakan, Bimtek ini dilakukan supaya memiliki laporan yang sama atau seragam di Kabupaten Berau.

"Serta memiliki program kerja yang sama dan rapi dalam penyampainnya dalam satu tahun," katanya.

Dilaksanakan selama 6 hari, mulai tanggal 18 hingga 23 Oktober 2024, bertempat di ruang Sangalaki Sekretariat Daerah Kabupaten Berau. Dengan jumlah pesertanya sebanyak 125 orang.

"Kegiatan ini kami lakukan secara mandiri. Dengan mengumpulkan dana dari perorangan, meski tidak banyak tapi kami kelola dengan sebaik mungkin. Dan demi kemajuan BPK ke depannya dalam membangun kampung masing-masing," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: