Sekda Berau Minta Ormas Ikut Berperan jaga Kondusifitas saat Pilkada 2024

Sekda Berau Minta Ormas Ikut Berperan jaga Kondusifitas saat Pilkada 2024

Sekda Berau, Muhammad Said-Disway/ Rizal-

BERAU, NOMORSATUKALTIM –Sekretaris Daerah (Sekda) Berau, Muhammad Said mengatakan pemerintah tengah melalukan berbagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan sinergitas, terutama mewujudkan situasi yang kondusif jelang Pilkada 2024.

Dirinya menyebut, peran dari organisasi masyarakat (ormas) sebagai salah satu kelompok yang mewakili masyarakat sangat diperlukan.

"Sebisa mungkin kita ciptakan suasana rukun dan damai dalam kehidupan bermasyarakat. Kita cegah segala bentuk potensi konflik dan perselisihan yang mungkin terjadi," kata Said, Jumat (11/10/2024).

Said menjelaskan, ormas sebagai ruang untuk menghimpun kepentingan anggotanya, bahkan sebagai salah satu pilar demokrasi.

BACA JUGA:Polres Berau Tangkap Dua Pengedar Narkoba Suruhan Napi Lapas Tarakan

BACA JUGA:Pemkab Berau Tingkatkan Budaya Membaca Melalui Program TPBIS

"Kendati demikian, salah satu fungsi Ormas adalah turut berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban sosial," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah harus mampu memperluas partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan.

Dengan demikian, pemerintah berkewajiban memberikan pengarahan dan bimbingan terhadap pertumbuhan kehidupan sosial politik serta menciptakan iklim yang sehat bagi pertumbuhannya.

Di sisi lain, kelompok masyarakat diharapkan menjadi mitra kerja bagi pemerintah, terutama sebagai penyambung dan penyeimbang roda pemerintahan.

Karena itu pembinaan ormas dianggap penting. Sebab bisa memberikan pemahaman akan tugas dan fungsi pokok ormas itu sendiri.

BACA JUGA:Pemkab Berau Kucurkan Dana Rp178 Miliar untuk Penanganan Stunting

BACA JUGA:Keluhan LPM di Balikpapan: Pendatang Meningkat, Kriminalitas Juga

Melihat banyaknya Organisasi Kemasyarakatan yang ada di wilayah Pemkab Berau, maka menjadi sangat penting untuk menanamkan kesadaran bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: