Sekda Berau Minta Ormas Ikut Berperan jaga Kondusifitas saat Pilkada 2024

Sekda Berau Minta Ormas Ikut Berperan jaga Kondusifitas saat Pilkada 2024

Sekda Berau, Muhammad Said-Disway/ Rizal-

"Penyelenggaraan pesta demokrasi yang akan kita laksanakan sebentar lagi, partisipasi masyarakat tentunya sangat diharapkan. Namun, kita semua harus menyadari berbagai potensi konflik yang mungkin akan muncul pada saat tahapan Pilkada nanti, yaitu politik sara, politik identititas, hoaks, konflik antar pendukung, ujaran kebencian, dan sebagainya," bebernya.

Oleh karena itu, kata dia, para pimpinan Ormas diharapkan mampu memberikan arahan kepada anggotanya untuk menghindari hal- hal tersebut.

Selain itu, Ormas dan segenap komponen masyarakat juga diharapkan terlibat dalam mengawasi seluruh tahapan Pilkada dan menjadi pemilih yang cerdas, yang memilih sesuai visi misi, bukan politik uang.

Untuk itu, semua pihak harus mampu menjaga diri dan terus waspada agar tidak gampang terhasut oleh hal-hal yang dapat merusak kerukunan dan persatuan yang sudah terjalin.

Selain itu, Said juga menginstruksikan pada lembaga dan instansi terkait yang berwenang dalam pembinaan Ormas di Kabupaten Berau, agar dapat memperkuat kualitas kelembagaan terkait pemantapan sistem tata laksana implementasi peraturan perundang-undangan tentang partai politik dan keormasan.

"Kembangkan budaya tertib hukum dalam kelembagaan partai politik, tingkatkan partisipasi kelembagaan masyarakat, dan kokohkan keterpaduan langkah antar pihak dalam pemberdayaan masyarakat," katanya.

Lanjut Said, ciptakan kesamaan persepsi antar pihak terhadap peranannya dalam penyelenggaraan pemerintahan, dan kembangkan ide serta gagasan untuk mendukung dan menyukseskan pembangunan daerah.

Said sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi dari seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Berau, untuk bersinergi menciptakan kondusivitas di Bumi Batiwakkal.

BACA JUGA:Sekda Berau Tegaskan Berkali-kali: ASN Wajib Netral

BACA JUGA:Rencana Pembangunan BLK di Berau Sudah Kelir, Tinggal Tunggu Jadwal Pengerjaan Fisik

"Semoga kita dapat melewati tahun politik dengan tenang dan penuh kesejukan," harapnya.

Dirinya juga mendorong peran aktif dari jajaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama seluruh perangkat terkait untuk senantiasa memberikan pembinaan, pendampingan, dan pemberdayaan kepada ormas dan komponen masyarakat lainnya.

"Agar kehidupan berbangsa dan bernegara di Kabupaten Berau dapat terlaksana sebagaimana mestinya," ujarnya.

Said juga berpesan, jadilah anggota ormas yang cerdas dan bijak dalam bersikap. Meski terdapat perbedaan, namun jadikan perbedaan itu sebagai modal pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Jangan lihat betapa banyak perbedaan yang ada, tapi lihatlah kesamaan di dalamnya, yaitu kepentingan membangun Berau yang maju dan sejahtera," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: