Kunker ke Pemkot Yogyakarta, Pj Bupati PPU Pelajari Layanan Terintegrasi Satu Pintu

Kunker ke Pemkot Yogyakarta, Pj Bupati PPU Pelajari Layanan Terintegrasi Satu Pintu

Pj Bupati PPU Zainal Arifin (tengah) saat berkunjung ke Pemkot Yogyakarta.-ist--

PENAJAM, NOMORSATUKALTIM- Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Zainal Arifin melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terkait pembangunan kota cerdas dengan replikasi aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Kedatangan Zainal bersama rombongan disambut Pj Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto. Mereka ditemui di Kantor Wali Kota Yogyakarta, Rabu 2 Oktober 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Zainal Arifin menyatakan kunjungannya untuk mereplikasi layanan JSS yang disesuaikan dengan kondisi PPU agar masyarakat PPU mendapatkan layanan yang terintegrasi satu pintu. Hal ini, kata dia, akan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan publik yang lebih efektif dan efisien.

Ia menyampaikan dengan adanya aplikasi satu pintu ini, diharapkan dapat mengintegrasikan semua layanan publik yang dimiliki pemerintah sehingga tidak perlu membuat banyak aplikasi yang akan membebani anggaran.

"Sehingga ke depannya, kami, paling tidak, ada pembelajaran-pembelajaran, sehingga kita bisa membawa ke pembangunan transformasi digital di Penajam Paser Utara," kata Zainal saat menyampaikan maksud kedatangannya ke Pemkot Yogyakarta.

Sementara itu, Pj Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pemkab PPU, Ia berharap Pemkot Yogyakarta juga dapat mengambil pengetahuan dari kelebihan yang dimiliki Pemkab PPU.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan kondisi Pemkot Yogyakarta saat ini cukup siap dalam menghadapi perubahan teknologi digital. Situasi saat ini, sebutnya, segala sesuatunya bersinggungan dengan teknologi informasi.

"Kami berusaha untuk mengikuti tuntutan dari kinerja kami, tuntutan zaman, tuntunan jargon kita bekerja secara efektif, efisien, cepat, tepat, dan akuntabel. Salah satu jawaban yang paling klir adalah untuk kita menggunakan teknologi informasi untuk mendukung ketugasan kami yang ada di Kota Jogja," jelasnya.

Dalam pertemuan ini, diketahui aplikasi JSS sudah mencakup lebih dari 240 layanan. Pemkab PPU akan menindaklanjuti secara konkrit pertemuan ini dengan menyiapkan perjanjian kerja sama meliputi layanan yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan dari Kabupaten Penajam Paser Utara. (*/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: