Pesan Ketua KPU RI pada Deklarasi Damai Pilkada Kaltim 2024 di Balikpapan

Pesan Ketua KPU RI pada Deklarasi Damai Pilkada Kaltim 2024 di Balikpapan

Deklarasi Damai Pilkada Serentak 2024 yang dihadiri seluruh pasangan calon (paslon) gubernur, wali kota, dan bupati se-Kaltim, di Balikpapan, pada Selasa (24/9/2024).-(Disway Kaltim/ Chandra)-NOMORSATUKALTIM

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Menyambut pelaksanaan Pilkada Kaltim 2024, seluruh pasangan calon (paslon) gubernur, wali kota, dan bupati hadir dalam acara deklarasi damai yang digelar di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Selasa (24/9/2024). 

Acara ini bertujuan untuk menciptakan suasana kondusif selama masa kampanye Pilkada yang akan segera dimulai.

Deklarasi damai ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, yang membacakan sumpah deklarasi di hadapan para paslon dan tim sukses. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochammad Afifuddin, turut hadir dalam acara tersebut dan memberikan pesan penting terkait upaya menjaga keamanan dan kedamaian selama proses kampanye berlangsung.

BACA JUGA: Isran Noor Singgung Program Gratispol Rudy-Seno: 'Darimana Dananya?'

BACA JUGA: Tim Kuasa Hukum DEAL Berencana Ajukan Gugatan ke Bawaslu Kukar

“Ini merupakan bagian dari upaya kita menjaga situasi kondusif di saat kampanye sebelum benar-benar dimulai,” ujar Mochammad Afifuddin. 

Ia menegaskan pentingnya komitmen seluruh pihak dalam menjaga keamanan dan harmonisasi selama masa kampanye.

Afifuddin juga menekankan agar deklarasi ini tidak hanya menjadi simbol, melainkan diterapkan dalam setiap langkah dan tindakan selama kampanye berlangsung. 

“Komitmen ini jangan hanya di kata-kata saja, tapi juga diimplementasikan. Saling menjaga situasi kondusif, keharmonisan, dan kedamaian di masa kampanye,” tambahnya.

Menyadari bahwa ketegangan sering kali muncul dalam Pilkada, terutama dalam perdebatan visi, misi, dan program, Afifuddin meminta agar perbedaan tersebut tidak memicu konflik. 


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochammaf Afifuddin saat hadir dalam Deklarasi Damai Pilkada Kaltim 2024, di Balikpapan, pada Selasa (24/9/2024).-(Disway Kaltim/ Chandra)-NOMORSATUKALTIM
BACA JUGA: Bawaslu Mahulu Jadwalkan Jalan Sehat, Ada Ribuan Kupon Doorprize Menarik Bagi Peserta

BACA JUGA: Madri Pani Sebut Nomor 1 jadi Angka Terbaik Sebagai Simbol Persatuan

“Jangan sampai perhelatan lima tahunan ini menodai sendi-sendi persaudaraan,” tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: