Empat Fraksi di DPRD Paser Terbentuk, PDIP Bergabung dengan Demokrat

Empat Fraksi di DPRD Paser Terbentuk, PDIP Bergabung dengan Demokrat

Sekretaris DPRD Paser, Muhammad Iskandar Zulkarnain. (Awal/Disway)--

PASER, NOMORSATUKALTIM - Susunan fraksi di DPRD Paser telah terbentuk. Pada Periode 2024-2029 ini, terdapat lebih sedikit fraksi dibandingkan jumlah fraksi pada periode sebelumnya yang 6 fraksi.

"Periode 2024-2029 hanya ada empat fraksi," kata Sekretaris DPRD Paser, Muhammad Iskandar Zulkarnain, Sabtu (31/8/2024).

BACA JUGA : Produksi Beras Nasional Turun, Bulog Berencana Impor 1,2 Juta Ton Sebelum Desember

BACA JUGA : Pilkada Paser Head to Head, Masitah-Depa Versus Fahmi-Ikhwan Antasari

Berkurangnya jumlah fraksi di DPRD Paser pada periode ini dikarenakan Partai Politik (Parpol) yang mampu mengantarkan kadernya di parlemen hanya 6 partai. Sebelumnya terdapat 11 partai.

"Untuk fraksinya PKB dan Gerindra satu fraksi, kemudian fraksi Golkar, fraksi NasDem, serta fraksi Demokrat dan PDIP," jelas Zulkarnain.

Partai Gerindra diketahui hanya memiliki satu kursi di DPRD Paser. Begitupun PDIP hanya 2 kursi, sehingga harus bergabung dengan partai lain untuk menggenapkan syarat pembentukan fraksi minimal tiga kursi.

BACA JUGA : Diiringi Musik Rebana Fahmi - Ikhwan Resmi Mendaftar ke KPU Paser

BACA JUGA : Pemkab Paser Akan Terapkan Aplikasi Puja Indah

"Jadi untuk komposisi fraksi di DPRD Paser lebih sedikit dibanding sebelumnya, karena periode sebelumnya ada 6 fraksi," tandas Zulkarnain.

Sekedar diketahui, dari 30 anggota DPRD Paser terpilih terdiri dari enam parpol yang memperoleh kursi, diantaranya PKB 12 kursi, Golkar 7 kursi, Demokrat 5 kursi, NasDem 3 kursi, PDI Perjuangan 2 kursi, dan Gerindra 1 kursi.

BACA JUGA : Suasana KPU Paser Hari Pertama Pendaftaran Pilkada Cukup Lengang

BACA JUGA : Mendaftar Bukan Jaminan, Gerindra Justru Beri Rekomendasi ke Fahmi-Ikhwan di Pilkada Paser, Bukan Masitah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: