Pacar AI, Trend Terbaru untuk Para Jomblo, Aktivitas Mirip dengan Manusia Normal

Pacar AI, Trend Terbaru untuk Para Jomblo, Aktivitas Mirip dengan Manusia Normal

Foto Jenny, karakter visual AI yang terlihat nyata. -LushAI-

Meledaknya AI generatif sejak ChatGPT dirilis oleh OpenAI pada 2022 lalu telah mengaburkan batasan antara manusia dan AI. Interaksinya kini lebih jauh hidup dengan bisa berbaur melalui obrolan, berbagi foto bahkan video.

Setelah ChatGPT membuat dunia teknologi gempar dengan responsnya yang mirip manusia dan kemampuannya untuk lulus ujian medis dan hukum, perangkat lunak penghasil gambar dan video yang canggih seperti Midjourney, Stable Diffusion, dan Sora telah membuat karya seni yang dibuat manusia semakin sulit dibedakan dari visual yang dihasilkan AI.

BACA JUGA:Apa itu Project Astra Google? Simak Penjelasan dan Manfaatnya Bagi Perkembangan Teknologi

Para pengembang dengan cepat menerapkan kemajuan terbaru dalam menciptakan asisten digital, yang dengan cepat menjadi bisnis yang berkembang pesat.

Perusahaan riset pasar CB Insights menghitung bahwa "ruang pendamping AI generatif" menarik rekor pendanaan sebesar $ 299 juta pada tahun 2022, dengan lebih banyak ruang untuk berkembang.

Dalam tonggak sejarah lainnya, industri pendamping AI mencetak "unicorn" dengan Character.AI, sebuah chatbot yang dikembangkan oleh dua mantan karyawan Google, yang sekarang bernilai lebih dari $1 miliar.

Sementara itu, toko OpenAI GPT dipenuhi dengan lusinan versi khusus dari chatbot populer yang telah dimodifikasi untuk berperilaku seperti pasangan romantis.

Forum internet seperti Reddit bahkan menawarkan daftar panjang pendamping dan pacar AI terbaik. Namun tidak semua upaya untuk memanfaatkan tren ini berjalan baik.  Seperti banyak teman AI di luar sana, Jenny dari LushAI sebenaranya monster Frankenstein di balik keanggunannya.

"Teknologi ini akan memiliki implikasi yang lebih luas di masa depan, bahkan menandingi TikTok dan Instagram. Fase berikutnya adalah Hollywood - yang pada akhirnya juga akan terdisrupsi oleh teknologi ini. Aktor dan aktris berwujud AI juga akan hadir nanti," kata Eunn. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: